Pengadaan Lahan Waduk Karian Mandek, Target Pembangunan Terhambat

Waduk Karian. (Dok: net)Waduk Karian. (Dok: net)

LEBAK, TitikNOL - Pengadaan lahan untuk proyek pembangunan Bendungan Karian di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak mandek.

Asda I Pemkab Lebak Alkadri mengakatan, hal tersebut akan berdampak terhadap molornya waktu pelakssnaan yang diproyeksikan selesai tahun 2019 mendatang.

"Pengadaan lahan untuk Waduk Karian di tahun 2017 berjalan mandek. Tak ada progres nambah luasan area," kata Alkadri, kemarin.

Lebih lanjut Akadri menjelaskan, luasan area yang dibutuhkan keseluruhan 2.226,44 hektar. Sampai dengan 2018 baru terselesaikan 47,37 persen.

"Jadi masih tersisa seluas 1.171,97 hektar dari kebutuhan seluas 2.226,44 hektar. Hal ini terjadi karena belum ada pembayaran lanjutan pengadaan lahan yang signifikan," katanya.

Alkadri mengungkapkan, pengadaan lahan tidak mengalami kemajuan dari semenjak sosialisasi lanjutan pembebasan lahan di 2017 lalu.

"Dari semenjak itu enggak ada kemajuan lagi, mandek. Kita rencanakan mau gelar rapat untuk menyikapi lambatnya pengadaan lahan, khususnya untuk area genangan bendungan," ucapnya

"Lahan untuk area genangan ini yang harus segera diselesaikan karena sisa kekurangannya masih luas, sampai 1.154,6 hektar. Jika ini tidak segera diselesaikan maka waktu pengerjaan proyek pembangunan Waduk Karian akan berjalan mundur, lebih lama dari yang sudah ditargetkan," kata Alkadri menambahkan.

Menurut Alkadri, Proyek pembangunan waduk Karian iti ditargetkan selesai sekitar Juni 2019.

"Itu terealisasikan jika pengadaan lahan berjalan lancar. Bila saat ini saja belum sampai 50 persen maka dimungkinkan tidak akan selesai, maka dari itu kita akan menggelar rapat bersama tim pada hari Selasa depan," tukasnya. (Gun/TN1)

Komentar