Pindah ke Pemprov Banten, ASN Bakal Jalani Serangkaian Tes

Ilustrasi ASN. (Dok: banten)
Ilustrasi ASN. (Dok: banten)

SERANG, TitikNOL - Pemprov Banten menerapkan aturan soal penerimaan pindah pegawai dari luar daerah ke lingkungan Pemprov Banten. Syaratnya, bagi ASN yang ingin pindah ke Pemprov Banten harus melalui serangkaian tes atau assessment terlebih dahulu.

Hal itu akan dituangkan dalam peraturan gubernur (pergub) dan akan mulai berlaku pada 2017.

"Sekarang sudah ada pergub, yang pindah dari kabupaten/kota (masuk ke Pemprov Banten), itu harus tes, semacam assessment gitu," ujar Sekda Banten Ranta Soeharta, Kamis (1/12/2016).

Tes itu meliputi kemampuan, kecakapan dan keahlian sesuai disiplin ilmu pegawai yang ingin pindah. "Nanti kita ada acuan mana yang lebih dan mana masih kurang," kata Ranta.

Tes ini berlaku bagi semua pegawai, mulai staf sampai pejabat eselon II. "Pokoknya mau masuk ke provinsi, tes dulu. Mau staf atau eselon dua. Yang pindah ke provinsi kan harus staf dulu walaupun eselon dua," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Samsir mengatakan, aturan itu sengaja dibuat agar penerimaan pegawai dari luar daerah memiliki acuan dan payung hukum yang jelas.

"Jadi nanti kalau seseorang yang ingin pindah ke Pemprov Banten, kemudian tidak bisa masuk, itu ada ukurannya yang jelas, standarisasinya ada, karena ada dasar hukumnya," tukasnya. (Kuk/Rif)

Komentar