Rano Karno Yakin Sawarna Bisa Lebih Maju

Gubernur Banten, Rano Karno ditemani Bupati Lebak, Iti Oktavia Jayabaya saat melintas di jembatan Sawarna. (Foto:TitikNOL)Gubernur Banten, Rano Karno ditemani Bupati Lebak, Iti Oktavia Jayabaya saat melintas di jembatan Sawarna. (Foto:TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Gubernur Banten Rano Karno menilai sadar wisata masyarakat daerah wisata pantai sawarna yang berada di Kabupaten Lebak lebih baik dibandingkan daerah wisata lainnya, seperti Carita di Kabupaten Pandeglang dan Anyer di Kabupaten Serang. Hal tersebut diungkapkan oleh Rano Karno usai memantau jembatan sawarna dan mengikuti rangkaian Festival Sawarna, Minggu (13/3).

Menurut Gubernur, sadar wisata masyarakat Sawarna terlihat dari lingkungan sekitar yang bersih, asri dan ramah. “Sadar wisata masyarakat memang masih perlu ditingkatkan, namun jika dibandingkan dengan daerah wisata lain, sadar wisata masyarakat disini masih lebih baik, saya harap bisa dicontoh,” ucapnya didampingi Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya dan Sekda Banten Ranta Suharta.

Gubernur merasa optimis potensi wisata di Banten Selatan khususnya di Sawarna akan lebih teroptimalkan dengan adanya kesadaran wisata masyarakat. Selain itu, dengan terus ditingkatkannya kualitas infrastruktur seperti jalan akan bisa lebih menunjang potensi yang ada.

“Hal yang terpenting juga kita harus jaga kebudayaan atau kearifan lokal di daerah, kalau hotel berbintang untuk apa mereka (wisatawan) jauh-jauh datang ke sini (Sawarna). Di kota juga banyak. Mereka kesini karena ingin tau kebudayaan daerahnya dan suasana pedesaan yang masih asri,” imbuhnya.

Gubernur juga merasa bangga dengan kesadaran wisata masyarakat sekitar, karena telah mendukung pariwisata didaerah tersebut demi kesejahteraan masyarakat.

“Perputaran uang di Sawarna saja setiap tahunnya mencapai lima miliar rupiah, liburan lebaran kemarin saja selama dua hari hampir Rp 1,5 miliar perputaran uangnya, bahkan sampai tidak bisa menampung wisatawan. Saya yakin  potensi wisata yang besar ini harus dikembangkan lagi,” ujarnya. (red)

Komentar