Rano Senang Bandara Soetta Jadi Bandara Internasional Soetta Tangerang - Banten

Gubernur Banten Rano Karno/netGubernur Banten Rano Karno/net

Serang, TitikNOL - Berdasarkan surat Edaran (SE) oleh Direktur Utama (Dirut) PT Angkasa Pura (AP) II, Budi Karya Sumadi, pada Desember 2015 kemarin, kini Bandara Soekarno Hatta menjadi Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten bukan lagi Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Jakarta.

Kini seluruh maskapai yang akan mendarat di Bandara Soekarno Hatta harus mengubah kalimat pengumuman dari "Selamat Datang di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Jakarta" menjadi "Selamat Datang di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten"

Hal tersebut disambut baik oleh Gubernur Banten, Rano Karno, yang tekah lama menginginkan hal tersebut dilakukan. "Akhirnya AP II memberi wewenang Bandara Soetta yang selama ini disebut Jakarta, sekarang disebut Tangerang-Banten. Mudah-mudahan bisa membuat semakin orang tau. Minimal Bandara Soetta itu Banten," kata Gubernur Banten, Rano Karno.

Rano Karno mengatakan akan terus berusaha agar penerimaan pajak juga akan masuk ke Provinsi Banten. Meski saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah mendapat pemasukan pajak dari Bandara Internasional Soetta.

"Semua itu pelan-pela lah, ada tekhnis nya, meski banyak kajian-kajian. Dari itu kita tentu berharap ada pajak," ujarnya.

Untuk diketahui,  Bandara Internasional Soekarno-Hatta dibangun di Benda, Tangerang, sejak 1981 hingga 1984. Bandara itu terletak di Tangerang, tapi disebut sebagai Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta. Cengkareng adalah nama subdistrik di Jakarta Barat yang berdekatan dengan bandara. Pajak dan retribusi dari Bandara Soekarno Hatta selama ini masuk ke Pemprov DKI Jakarta. (Red)

Komentar