Ratusan ASN di Setda Banten Belum Terima Gaji

Ilustrasi. (Dok: net)Ilustrasi. (Dok: net)

SERANG, TitikNOL - Ratusan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Banten yang bertugas di Gedung Sekretariat Daerah (Setda) Banten, dikabarkan belum menerima gaji bulan Agustus 2017. Hal tersebut karena Kepala Biro Umum Djoko Soemarsono pensiun, sehingga proses administrasinya tersendat.

Salah satu pegawai di lingkungan Biro mengungkapkan, seharusnya gaji sudah masuk ke rekening pada 1 Agustus kemarin. Namun hingga saat ini belum ditransfer.

"Iya nih belum gajian. Biasanya sih tanggal 1, mungkin telat karena katanya Pak Djoko (Karo Umum) pensiun," kata pegawai yang mewanti-wanti agar identitasnya tidak disebutkan ini.

Senada dikatakan pegawai lainnya yang bertugas di Dinas Kominfo. Menurut sumber yang enggan disebutkan namanya ini, para pegawai di Dinas Kominfo termasuk dinas yang terdampak belum menerima gaji. Hal itu karena tupoksi Kominfo sebelumnya bernama Biro Humas dan Protokol yang berada di bawah naungan Setda.

"Kominfo kan OPD baru yang tahun 2016 kemarin itu fungsinya ada di Biro Humas dibawah Sekretariat Daerah. Jadi ya ikut terkena dampak, sampai sekarang belum gajian," ujarnya.

Ia menjelaskan, terkait keuangan di lingkungan Setda diurus oleh Biro Umum. "Kan kalau soal keuangan di Setda itu yang nangani Biro Umum, terpusat di situ. Jadi harus ada plt dulu buat tandatangan," tukasnya.

Terpisah, Asisten Daerah (Asda) III Pemprov Banten Samsir mengaku belum mengetahui hal tersebut. Namun, ia meyakini bahwa gaji bulan Agustus sudah cair karena pengajuannya sebulan sebelum pencairan gaji.

"Agustus udah gajian kita. Kan diusulkan di bulan juli. Seluruh keuangan Biro memang adanya di Biro Umum. Tapi Agustus mah enggak ada yangg enggak gajian, kan langsung ke rekening. Dan diusulkan sebulan sebelumnya," ungkapnya.

Meski demikian, ia akan mengecek terkait informasi tersebut. "Coba nanti saya cek," imbuhnya. (Kuk/red)

Komentar