Razia Pajak Kendaraan, Samsat Cilegon Raup Rp28 Juta dari Pengendara

UPT Samsat Cilegon dan Satlantas Polres Cilegom saat melakukan razia pajak kendaraan dikawasan Bonakarta. (Foto: TitikNOL)
UPT Samsat Cilegon dan Satlantas Polres Cilegom saat melakukan razia pajak kendaraan dikawasan Bonakarta. (Foto: TitikNOL)


CILEGON, TitikNOL - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Samsat Cilegon dan Satlantas Polres Cilegon, berhasil mengumpulkan sekitar Rp28 juta dari para penunggak pajak, saat menggelar razia kendaraan di kawasan Bonakarta, Cilegon, Selasa (28/11/2017).

Kepala UPT Samsat Cilegon Raden Berly Natakusumah mengungkapkan, razia ini dilakukan untuk memenuhi target pendapatan pajak sebesar Rp180 miliar pada 2017.

Dalam razia tersebut, kata dia, para pengendara yang terbukti menunggak pajak langsung diminta membayar pajak di tempat melalui Samsat Keliling.

"Ini agenda rutin kita menjelang akhir tahun karena kita juga punya target yang harus dicapai," ujarnya kepada wartawan di sela-sela razia kendaraan.

Hingga November lanjut Berly, target yang berhasil dicapai sebesar 91,60 persen atau Rp170 miliar dari besaran target Rp ‎180 miliar.

Untuk itu, salah satu upaya mencapai target tersebut dengan mengadakan razia pajak yang bekerjasama dengan pihak kepolisian.

"Perolehan pajak dari pajak Samsat Cilegon 91,60 persen, jadi kita berupaya semaksimal mungkin untuk mencapai target yang telah ditentukan dengan upaya signifikan dan konstruktif dengan menggandeng beberapa stakeholder,‎" jelasnya.

"Prinsipnya kita mengajak ke masyarakat bahwa pajak kendaraan bermotor adalah suatu hal yang harus dibayarkan dan kewajiban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berkendara di jalan," imbuhnya.

‎Pencapaian target pajak yang sudah dicapai sambung dia, sebagian besar juga didukung oleh operasi Zebra Kalimaya yang digelar pihak kepolisian beberapa waktu lalu.

Dari pajak kendaraan saja, Samsat berhasil mengumpulkan sebanyak Rp192 juta selama operasi Zebra Kalimaya.

"‎Kami harus optimis (memenuhi target) mengingat upaya yang dilakukan sudah maksimal. Alhamdulillah dengan adanya razia operasi Zebra sebelumnya meningkat dilihat dari tren masyarakatnya yang membayar pajak," ujarnya. (Ardi/red).


Komentar