RSUD Banten Siapkan Pendopo Lama untuk Karantina Tenaga Medis

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti. (Foto: TitikNOL)
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti. (Foto: TitikNOL)
SERANG, TitikNOL – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten menerapkan sistem zona di RSUD Banten khusus covid 19 untuk para tenaga medis yang bersentuhan langsung dengan pasien covid 19 dan tidak bersentuhan langsung dengan pasien.

Kepala Dinkes Banten Ati Pramudji menjelaskan, awalnya pihaknya menerapkan sistem dua minggu karantina dua minggu jaga untuk para tenaga medis. Namun, pihaknya mendapatkan mazhab setelah melakukan rapat bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta gugus tugas.

"Karena ada mazhab (pedoman) ada zona di dalam RSUD Banten, jadi tidak perlu melakukan karantina dan sudah aman selama tugasnya selama menggunakan Alat Pelindung Diri (APD)," kata Kadinkes Ati, Kamis (26/3/2020).

Meski demikian, saat ini Dinkes Banten menyediakan tempat karantina khusus di Pendopo Lama dengan fasilitas yang sudah disiapkan, untuk isolasi para tenaga medis.

"Bagi ada yang mau karantina kami menyediakan untuk isolasi sendiri di Pendopo Lama seluruh ya bisa digunakan untuk mereka, kemarin kami sedang list siapa saja tenaga medis yang mau ditempatkan," ungkapnya.

Fasilitas tempat karantina tenaga media yakni sudah ada tempat tidur yang disiapkan hingga alat pendingin dan lainnya, untuk mengisolasikan diri para tenaga medis.

"Memang sebagian masih ada yang pulang pergi, karena ketika melaksanakan rumah sakit khusus tidak sembarangan kami sudah rapat dengan idi sebelumnya dan kementerian dari sisi keamanan sudah sesuai dengan SOP yang ada," tukasnya. (Gat/TN1)

Komentar