Rutan Serang Dapat 25 Personel Tambahan, Kemenkumham: Masih Kurang

Ilustrasi. (Dok: Hetanews)
Ilustrasi. (Dok: Hetanews)

SERANG, TitikNOL – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Serang telah selesai melakukan orientasi tahap 3 Tunas Pengayoman calon pegawain negeri sipil (CPNS) kepada 25 personel. Nantinya, para personel tambahan ini akan ditempatkan di Rutan untuk memperkuat pengamanan.

Dengan penambahan tersebut, total petugas pengamanan pun bertambah menjadi 90 orang. Tentunya, personel ini pun diharapkan dapat meningkatkan pengamanan sehingga mampu mengantisipasi terjadinya kekisruhan dan keributan di dalam rutan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Ajub Suratman, mengapresiasi terhadap para petugas pengamanan baru tersebut. Sebab selama dua minggu, mereka dikader untuk menjadi pengamanan rutan yang baik dan berintegritas.

“Tapi tak hanya cerdas dan pinter, yang penting harus memiliki integritas moral yang baik. Hadirnya para personel ini harus memberikan solusi bagi bangsa yang dapat melayani masyarakat, terutama di lingkungan rutan ini,” kata Ajub, Kamis (22/2/2018).

Ajub pun mengakui saat ini kebutuhan personel memang dinilai masih kurang. Pasalnya untuk pengamanan para tahanan saat ini diseluruh Rutan dan Lapas masih mengalami kekurangan personel.

"Idealnya itu 500 personel untuk pengamanan. Saat ini cuma ada sekitar 400 personel, tentu ini masih kurang. Tapi dengan penambahan ini kita tetap bekerja semaksimal mungkin," ungkapnya.

Sementara itu, Anton, Kepala Rutan Kelas II B Serang mengatakan, penambahan personel ini cukup membantu pengamanan di dalam rutan. Meskipun ia mengakui masih kurang untuk mengamankan seluruh para tahanan di rutan ini.

“Kami mengakui personel di sini masih kurang, sebab tahanan di sini sudah mencapai dua kali lipat dari kuota ruangan yang tersedia yaitu sekitar 468 tahanan," kata Anton.

Sementara petugas yang khusus bertugas sebagai pengamanan, lanjut Anton, hanya 60 orang. Maka itu perlu adanya personel tambahan yang cukup.

"Jadi sudah over tahanan di sini. Untuk itu kami harus maksimal dalam meningkatkan pengamanan di rutan ini agar tetap kondusif,” tukasnya. (Gat/TN1)

Komentar