Selangkah Lagi, Kas Daerah Dialihkan ke Bank Banten

Sekda Banten, Ranta Soeharta. (Dok: katabanten)Sekda Banten, Ranta Soeharta. (Dok: katabanten)

SERANG, TitikNOL - Pemprov Banten memastikan bakal mengalihkan kas daerah dari Bank BJB ke Bank Banten pada awal 2017. Saat ini pihaknya masih melengkapi persyaratan administrasi untuk pengalihan kasda tersebut.

"Itu sudah ya, bank persepsi juga sudah keluar dari OJK. Yang pasti di Januari sudah bisa itu (pengalihan kasda)," ujar Sekda Banten Ranta Soeharta, Rabu (30/11/2016).

OJK juga menurut Ranta sudah menyatakan bahwa Bank Banten sehat.

"Bukan kita loh yang menyatakan sehat, tapi OJK. Kalau SK gubernurnya ya tentu, harus dibuat itu. Jadi gini, gubernur membuat surat kepada bank, menugaskan bendahara umum daerah (BUM) agar membayarkan keuangan daerah di bank A, B atau C. Begitu. Saya sudah dapat suratnya, karena Bank Banten menurut OJK itu sehat, itu syaratnya," tegas Ranta.

Selain akan mengelola kas daerah, saat ini Bank Banten telah mengelola pembayaran (transfer) gaji aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Banten.

Direktur Bank Banten Heru Sukanto menyambut baik rencana pengalihan kas daerah Pemprov Banten ke Bank Banten. Heru menyatakan bahwa manajemen Bank Banten harus menjaga kepercayaan itu, dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada Pemprov Banten.

"Tentunya kami harus menjamin kelancaraannya. Terima kasih sekali pemprov sudah berupaya keras untuk ini. Memang seyogyanya bank daerah adalah mitra pemerintah daerah sebagai pengelola kas daerah. Tugas kami, menjamin kelancaran dan kecepatan penyaluran keuangan sesuai keinginan pemerintah daerah," ujar Heru. (Kuk/Rif)

Komentar