Serapan Rendah, Wali Kota Serang Ancam Sanksi OPD

Wali Kota Serang Syafrudin. (Dok: TitikNOL)Wali Kota Serang Syafrudin. (Dok: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Serapan anggaran yang rendah di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) pemerintah Kota Serang, membuat Wali Kota Serang Syafrudin geram dan ancam beri sanksi jika masih ada anggaran yang tidak terserap.

Orang nomor satu di Kota Serang ini pun berjanji akan tegas terhadap OPD yang serapan anggarannya rendah pada evaluasi berikutnya, sesuai dengan desakan yang disampaikan oleh DPRD Kota Serang agar para kepala OPD dapat maksimal dalam menjalankan kinerjanya.

“Ya memang seperti itu ya (ada tindakan yang tegas). Nanti kami lihat sampai Desember, apabila OPD masih belum dapat menyerap anggaran dengan baik, saya rasa harus ada sanksi yang tegas kepada mereka,” kata Syafrudin, Senin (4/11/2019).

Syafrudin pun mengaku apabila kepala OPD tidak mampu memperlihatkan kinerja yang baik, khususnya dalam serapan anggaran, pihaknya tidak akan segan-segan melakukan rotasi kepada kepala OPD yang bersangkutan.

“Apabila memang kepala OPD itu ternyata di tempat dia memimpin, tidak mampu menyerap anggaran dengan baik. Ya kami akan evaluasi. Sanksinya mungkin sampai kepada rotasi,” ungkapnya.

Saat disinggung soal pemotongan anggaran di setiap OPD, Ia mengaku hal itu sulit dilakukan, karena sudah memiliki porsi anggarannya sendiri, yang setiap tahunnya sudah jelas.

“Kalau mengenai pemotongan anggaran, saya kira sulit ya. Karena anggarannya sudah jelas. Namun untuk efisiensi program yang masih mandek, nanti kami akan lihat lagi dalam evaluasi akhir tahun ini,” tukasnya. (Gat/TN1)

Komentar