Siap-siap, Pemprov Banten Ada Pelantikan Kembali di Akhir 2016

Ilustrasi pelantikan. (Dok: kuansingterkini)Ilustrasi pelantikan. (Dok: kuansingterkini)

SERANG, TitikNOL - Seluruh pejabat struktural mulai dari esselon I hingga esselon IV di lingkungan Pemprov Banten akan kembali dilantik. Hal itu karena adanya penyesuaian struktur organisasi tata kerja (SOTK) di Pemprov Banten.

Rencananya, pelantikan akan dilakukan pada 30 Desember mendatang. Hal itu dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, Samsir, Jumat (23/9/2016).

Namun, kata Samsir, belum dapat dipastikan siapa yang akan melantik ratusan pejabat pemprov. Hanya ada dua kemungkinan, antara pelaksana harian (plh) gubernur atau pelaksana tugas (plt).

"Ya bisa dari plh, bisa juga Plt. Tergantung dari kemendagri, apakah pejabatnya dari sana atau dari pemprov. Kalau misalnya dari pemprov itu bisa Pak Sekda karena pejabat tinggi madya, esselon I," ungkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa pada saat cuti kampanye mulai Oktober, jabatan gubernur akan di isi pelaksana harian. Selanjutnya, dalam rentang waktu atau sampai 11 Januari 2017 (masa purna tugas Gubernur Banten), akan di isi oleh pelaksana tugas (plt).

"Jadi saat cuti ini pemprov dipimpin Plh. Setelah itu habis masa jabatan gubernur akan di isi Plt," ungkapnya.

Meski demikian, hingga kini belum diketahui apakah nantinya para pejabat akan dikocok ulang atau hanya untuk mengisi jabatan SKPD/Badan yang baru.

Diketahui, sejumlah SKPD akan mengalami perombakan struktural dan tata kerjanya, seperti Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan (DPPKD) yang dipisah menjadi Badan Pendapatan dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset. Kemudian Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi atau dipecah menjadi Dinas Perhubungan dan Dinas Komunikasi dan Informasi. Selanjutnya, ada Disdukcapil yang merupakan pecahan dari Biro Pemerintahan. Selain itu, ada beberapa tambahan UPTD di Dinas Pendidikan. (Kuk/Quy)

Komentar