Siapkan Rp46 T, Perusahaan Korea Selatan akan Bangun Pabrik Kimia di Cilegon

Manajemen Lotte Chemical saat menggelar rapat tertutup dengan Wali Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)
Manajemen Lotte Chemical saat menggelar rapat tertutup dengan Wali Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Perusahaan asal Korea Selatan yang bergerak di bidang petrokimia, akan membangun pabrik kimia di Kota Cilegon. Tidak tanggung-tanggung, nilai investitasi mencapai 3,5 miliar US Dollar atau sekitar Rp46 triliun‎.

Direktur Lotte Chemical Cho Jin Wo mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan termasuk perizinan dan infrastruktur.

"Projek ini kan projek besar jadi banyak sekali persiapan yang dibutuhkan termasuk perizinan, infrastruktur dan lain sebagainya. Jadi kalau semuanya berjalan lancar 2023 akan sudah mulai beroperasi,"‎ kata Cho Jin Wo kepada awak media, usai menggelar rapat tertutup bersama Wali Kota Cilegon, Selasa (15/8/2018).

Produk utama yang akan diproduksi oleh pabrik asal Korea Selatan itu rencananya ethylene 1 juta ton pertahun dan propylene 520 ribu ton per tahun.

"Produk utamanya adalah memproduksi ethylene satu juta ton kemudian membangun propylene 520 ribu ton dan turunannya yang lain," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Iman Ariyadi, menyambut baik adanya investasi besar di Kota Cilegon. Diungkapkannya, pemerintah daerah akan fokus soal serapan tenaga kerja lokal jika pabrik tersebut beroperasi.Tidak hanya itu, Iman juga meminta pengusaha lokat turut dilibatkan dalam pembangunannya.

Iman juga minta, agar pihak Lotte Chemical bekerjasama dengan PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) terkait dengan jetty.

"Jadi perusahaan itu fokus Saja dalam pembangunan pabrik, kalau terkait dengan jetty biar PT PCM saja, PT PCM juga sudah menyatakan siap, " kata Iman.

"Kita juga akan mensuplay kebutuhan air di Lotte Chemical.Tadi PDAM Cilegon Mandiri juga sudah menyatakan siap memenuhi kebutuhan airnya Lotte Chemical," tukasnya. (Ardi/red)

Komentar