Sidak Rau dan Bulog, Kemendag Klaim Harga Jelang Natal Tahun Baru Aman

Inspektur II Kementerian Perdagangan (Kemendag) Etti Susilowaty saat melakukan inpeksi mendadak Gudang Bulog Sub Drive Serang. (Foto: TitikNOL)
Inspektur II Kementerian Perdagangan (Kemendag) Etti Susilowaty saat melakukan inpeksi mendadak Gudang Bulog Sub Drive Serang. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Inspektur II Kementerian Perdagangan (Kemendag) Etti Susilowaty melakukan inpeksi mendadak atau sidak Pasar Induk Rau dan Gudang Bulog Sub Drive Serang, untuk memantau stok dan harga komoditas menjelang Hari Raya Natal dan tahun baru 2019.

Berdasarkan hasil sidak berbincang-bincang dengan sejumlah pedagang di Pasar Induk Rau, Ia mengatakan stok masih cukup dan harga masih relatif stabil, belum mengalami kenaikan."Beberapa pedagang mengatakan stok cukup dan harga masih stabil," kata Etti, Kamis (21/11/2019) usai melakukan sidak.

Ia berharap kondisi ini tetap bertaham sampai datang tahun baru. Ia menyatakan bahwa sejak dua tahun terakhir dengan adanya penetrasi pasar, harga-harga memang sudah cukup stabil khususnya saat Idul Fitri.

"Memang sejauh ini dari idul fitri kemarin relatif stabil, dan aman untuk stok kebutuhan pokok," ungkapnya.

Untuk mengatasi kenaikan harga dan kurangnya stok barang, maka Kemendag akan secara rutin menggelar rapat koordinasi, penetrasi pasar, dan menurunkan tim pemantauan.

"Tugas tim secara berkala melaporkan harga dan stok barang, terutama mendekati Natal dan tahun baru," tegasnya.

Sementara itu, untuk kebutuhan beras Kepala Bulog Sub Divre DKI dan Banten Fahrurozi mengatakan bahwa stok beras untuk wilayah Jakarta dan Banten saat ini dalam kondisi melimpah. Bahkan ia mengklaim stok yang ada akan mampu bertahan untuk memenuhi kebutuhan sampai dengan delapan bulan ke depan.

"Stok kita ada 360.000 ton untuk DKI Jakarta dan Banten. sampai saat ini kami masih melakukan stabilisasi harga mendekati hari besar keagamaan seperti Natal dan Tahun Baru stabilisasi harga dilakukan dengan cara offline dan online," singkatnya. (Gat/TN2)

Komentar