Stabilkan Harga Bawang Putih, Kementerian Pertanian Gelar Operasi Pasar di Rau

Operasi pasar bawang putih yang digelar oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Badan Ketahanan Pangan di Pasar Rau, Kota Serang. (Foto: TitikNOL)
Operasi pasar bawang putih yang digelar oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Badan Ketahanan Pangan di Pasar Rau, Kota Serang. (Foto: TitikNOL)

KOTA SERANG, TitikNOL - Untuk menstabilkan harga bawang putih di pasaran yang mencapai Rp40-60 ribu perkilogram, Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Badan Ketahanan Pangan resmi menggelar operasi pasar bawang putih serentak se Indonesia. Salah satunya di 6 titik pasar di Banten.

Di Banten, operasi pasar dilakukan di Pasar Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Pasar Kranggot, Kota Cilegon, Pasar Baros dah Petir, Kabupaten Serang, serta Pasar Rau dan Lama, Kota Serang.

Pantauan di lokasi, operasi pasar bawang putih salah satunya di gelar di Pasar Rau, Kota Serang. Satu kendaraan truk berwarna putih membawa bawang putih yang dijual Rp32 ribu perkilogramnya.

Kepala UPT Pasar Rau Muhammad Zen, mengatakan pihaknya hanya memafasilitasi tempat untuk operasi pasar bawang putih yang dilakukan oleh Kementerian.

"Operasi ini resmi hari ini di Kota Serang, kami menjual sesuai dengan harga dari Kementerian, Alhamdulillah ramai pembeli," kata Zen, Rabu (19/2/2020).

Untuk Kota Serang Kata Zen, stok bawang putih mencapai 900 kilogram dibagi dua yakni di Pasar Lama dan Pasar Rau.

"Sejauh ini harga bawang putih di pasar sudah mulai stabil sebenarnya, karena stok nya sudah mulai ada," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ibu Rum pembeli bawang putih mengaku terbantu dengan adanya operasi pasar bawang putih, di tengah harganya yang melambung tinggi.

"kebantu banget mas, harga di pasar masih Rp40 ribu perkilogramnya, makanya ini kan Rp32 ribu, jadi bisa beli banyak," tukasnya. (Gat/TN1)

Komentar