Syafrudin Lantik 295 Pejabat Eselon III dan IV

Wali Kota Serang Syafrudin melakukan rotasi jabatan dan melantik 295 eselon tiga dan empat di halaman Puspemkot Serang, Jumat (25/10/2019). (Foto: TitikNOL)Wali Kota Serang Syafrudin melakukan rotasi jabatan dan melantik 295 eselon tiga dan empat di halaman Puspemkot Serang, Jumat (25/10/2019). (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Wali Kota Serang Syafrudin, lakukan rotasi mutasi sekaligus melantik 295 orang yang terdiri dari eselon III dan eselon IV di lingkungan pemerintahan Kota Serang, Jumat (25/10/2019).

Syafrudin mengatakan, rotasi mutasi para pejabat merupakan tuntutan sebuah organisasi dalam mengevaluasi penugasan. Sehingga para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota (Pemkot) Serang memiliki pengalaman baru.

"Kami melantik pejabat eselon III dan IV sejumlah 295 orang. Ini merupakan sebuah tuntutan organisasi karena hasil open bidding kemarin juga banyak ke kosongan," katanya saat berpidato.

Ia menuturkan, bahwa pembinaan sebuah karier adalah salah satu tujuan dari keseluruhan kebijakan pemantapan organisasi. Hal ini diharapkan dapat menciptakan pemerintahan yang lebih baik melalui reformasi birokrasi.

"Ada yang promosi dari III B ke A. Camat saya rotasi semua karena posisinya sudah lama, sudah di atas 5 tahun. Kalau karir harus memiliki rekam jejak," tuturnya.

Namun ada yang menarik dalam penyampaian pidato Wali kota kali ini. Syafrudin menyebutkan, bahwa dalam melakukan kinerja pemerintahan tidak ada istilah orang Wali kota dan orang Wakil Wali kota. Mengingat kinerja ASN bagian satu padu dari pengejawantahan visi-misi pimpinan.

Dalam tafsiran masyarakat, tentu penyampaian tersebut merupakan simbol adanya pembelahan atau dualisme kepemimpinan di Pemkot Serang.

Namun saat di konfirmasi TitikNOL, Syafrudin mengaku hal tersebut diungkapkan sebagai bagian bentuk penegasan dirinya selaku pimpinan tertinggi di Kota Serang.

Menurutnya, penyampaian tersebut untuk membuktikan bahwa tidak ada titipan dalam rotasi mutasi jabatan. Karena, fungsi jabatan adalah pelayan dari masyarakat.

"Ini sebenarnya image dari masyarakat yang datangnya dari ASN Kota Serang, jadi nggak mungkin masyarakat bilang kayak gitu (orang Wali kota dan Wakil Wali kota Serang) kalau bukan dari ASN nya," terangnya.

"Kami ini lembaga yang satu. Tataran kebijakan ada di kami, jadi tidak ada istilah orang ini orang Wakil dan orang Wali kota," ujarnya.

Ia berharap, pejabat yang baru dilantik agar dapat menciptakan inovasi baru dalam mewujudkan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Serang.

"Harapannya bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Saya berharap bisa meningkatkan pelayanan dari masyarakat dan punya inovasi," tukasnya. (Son/TN1)

Komentar