Selasa, 23 Juli 2024

Tahun 2022, Sebanyak 1.208 Orang Terima Beasiswa Full Sarjana dari Pemkot Cilegon

Walikota Cilegon Helldy Agustian saat didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon Heni Anita Susila saat menyerahkan secara simbolis beasiswa full sarjana kepada perwakilan mahasiswa. (Foto: TitikNOL)
Walikota Cilegon Helldy Agustian saat didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon Heni Anita Susila saat menyerahkan secara simbolis beasiswa full sarjana kepada perwakilan mahasiswa. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon terus memberikan beasiswa full sarjana kepada masyarakat yang kurang mampu dan berprestasi. Program beasiswa full sarjana tersebut merupakan salah satu janji politik Walikota dan Wakil Walikota Cilegon, Helldy Agustian - Sanuji Pentamarta.

Pada penghujung tahun ini, beasiswa full sarjana secara simbolis diserahkan langsung oleh Walikota Cilegon Helldy Agustian yang disaksikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon Heni Anita Susila dan sejumlah perwakilan kampus. Penyerahan beasiswa full sarjana tersebut berlangsung di Hotel Aston Cilegon, Senin (26/12/2022).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon, Heni Anita Susila mengatakan selama tahun 2022 pihaknya memberikan beasiswa full sarjana sebanyak 1.208 orang.

"Tahun ini ada 1.420 orang yang mengajukan permohonan beasiswa full sarjana, namun 1.208 orang yang dinyatakan lolos seleksi. Kebanyakan persoalan administrasi yang tidak lolos, misalnya KTP nya bukan KTP Cilegon, dan ada persyaratan administrasi lainnya," ujar Heni kepada wartawan.

Dijelaskan Heni, penerima beasiswa full sarjana tahun ini lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu yang hanya 523 orang.

Target yang tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cilegon sebanyak 1.000 orang setiap tahun.

"Tapi kuota tahunan yang tidak terserap akan diakumulasi ke tahun berikutnya, " tuturnya.

Lebih lanjut Heni menjelaskan, tahun ini ada 19 kampus yang sudah bekerjasama dengan Pemkot Cilegon untuk melaksanakan program tersebut.

Kampus itu diantaranya, Untirta, UIN SMH Banten, Universitas Al Khairiyah, Stikom Insan Unggul, Universitas Faletehan, Universitas Mathla'ul Anwar, Politeknik Krakatau, Politeknik Aisyiyah, Politeknik PGRI, Universitas Bina Bangsa, STIA Banten, Universitas Banten Jaya, Universitas Serang Raya, Universitas Primagraha, Universitas Bhakti Kencana, Universitas Terbuka, Universitas Muhammadiyah Banten, Sekolah Tinggi Analis Kimia, dan Piksi Input.

Selain kampus-kampus yang sudah bekerjasama, tahun ini ada juga yang menerima beasiswa full sarjana di kampus nasional, yaitu di Universitas Diponegoro dan Universitas Brawijaya. Mereka menerima beasiswa jalur mandiri kategori prestasi dan tidak mampu.

Program beasiswa full sarjana ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam peningkatan indeks pembangunan manusia yang menjadi salah satu tolak ukur sumber data manusia di Kota Cilegon untuk peningkatan daya saing dalam pemenuhan kebutuhan pasar kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di tempat yang sama, Walikota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon yang sudah merealisasikan program beasiswa full sarjana.

Diungkapkan Helldy program beasiswa full sarjana adalah program yang berkelanjutan karena telah masuk ke dalam RPJMD.

"Program ini sebagai salah satu upaya kami untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Cilegon," kata Helldy.

"15-20 tahun ke depan akan kelihatan hasilnya (beasiswa full sarjana) ini. Ini kita bukan pencitraan kalau soal SDM ini, makanya kami kemarin dapat penghargaan dari MNC Portal itu The Best Leadership in Human Resources yang intinya pemimpin yang peduli dengan SDM, "pungkasnya. (Ardi/TN).

Komentar