Tahun Ini, Pemprov Banten tak Usulkan Pahlawan ke Kemensos

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Banten, Ino S Rawita. (Dok: radarbanten)
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Banten, Ino S Rawita. (Dok: radarbanten)

SERANG, TitikNOL - Tepat 10 November, Bangsa Indonesia merayakan Hari Pahlawan Nasional. Di hari bersejarah itu, pemerintah pusat setiap tahunnya menyematkan penganugerahan gelar pahlawan terhadap para pejuang kemerdekaan di daerah.

Sayangnya, tak ada usulan nama dari Pemprov Banten di tahun 2016 ini. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Banten, Ino S Rawita mengatakan, hal tersebut karena sejumlah nama usulan dari pemkot/pemkab di Banten belum memenuhi syarat.

Salah satunya KH. Tb Ahmad Chatib Ibn Wasi' Al-bantani yang diusulkan Pemkot Serang dan Ki Wasyid usulan Pemkot Cilegon.

"Ya, tahun ini kita tidak usulkan nama untuk pahlawan ke Kemensos, karena memang belum ada yang lengkap persyaratannya," kata Ino, dihubungi melalui telepon selularnya, Rabu (9/11/2016).

Menurutnya, progres kelengkapan persyaratan yang mendekati rampung yaitu Ki Wasyid. Sebab, kata dia, untuk Ki Wasyid sudah dilakukan seminar tentang perjuangan pahlawan asal Banten tersebut beberapa waktu lalu.

"Saya kira Ki Wasyid sudah bisa diusulkan untuk tahun depan, karena kan sudah seminar juga. Baru kemudian mungkin Ahmad Chatib menyusul," ungkapnya.

Sementara, untuk KH Sjam'un baru bisa diusulkan kembali pada 2018. "Waktu itu kami usulkan Mei 2016. Kemudian diminta untuk dilengkapi lagi oleh Kemensos, dua tahun kemudian baru bisa diajukan lagi. Berati di tahun 2018 kita usulkan lagi," pungkasnya. (Kuk/Rif)

Komentar