Sabtu, 20 Juli 2024

Tangkis Corona, Pemkot Serang Cairkan Anggaran Rp20 Miliar

Wali Kota Serang, Syafrudin. (Foto: TitikNOL)
Wali Kota Serang, Syafrudin. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang merelokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebanyak Rp20 miliar untuk menangkis wabah virus Corona.

Anggaran dibeberapa dinas itu direlokasi untuk prioritas penggunaan anggaran kesehatan, terutama dalam menangkal penyebaran Covid 19 di Kota Serang.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, anggaran senilai Rp20 miliar ini tidak semuanya untuk menangani virus Corona. Sebagian akan dilimpahkan pada penanganan pasien bukan Covid 19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Serang.

Pasien itu merupakan limpahan dari RSUD Banten yang saat ini fokus menangani pasien yang didiagnosa terjangkit virus Corona.

"Anggarannya mulai hari ini sampai selesai itu Rp20 miliar. Juga kaitannya dengan RS karena sebagai penampung pasien dari RSUD Banten. Itu bukan pasien Corona ya, pasien umum. Kami persiapkan untuk peralatan," katanya saat ditemui di Puspemkot Serang, Senin (23/03/2020).

Dengan cairnya anggaran tersebut, kata Syafrudin, mulai Selasa (24/3/2020) besok tim gugus terpadu Covid 19 Kota Serang akan menyemprotkan disinfektan di tempat umum atau perkantoran.

"Besok serentak semua baik perkantoran kami semprot. Karena besok sudah ada dana untuk beli alat dan yang lainnya sudah disiapkan. Jadi mulai besok sampai selesai penyemprotan virus Corona," terangnya.

Untuk mencegah penyebaran virus Corona secara cepat, ia juga mengaku tidak akan menghadiri undangan kegiatan masyarakat yang dapat mengundang kerumunan banyak massa.

"Mulai malam ini saya tidak akan menghadiri Isra Miraj. Karena kemarin saya harus sosialisasi ke masyarakat kaitannya dengan kerumunan massa dan virus Corona," tukasnya. (Son/TN1)

Komentar