Tekan Angka Pengangguran, Pemda Diminta Fasilitasi Lulusan SMK dengan Perusahaan

Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten, Adde Rossi Khoerunnisa. (Dok:net)Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten, Adde Rossi Khoerunnisa. (Dok:net)

SERANG, TitikNOL - Mendominasinya pengangguran lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah kejuruan (SMK) di Banten, Membuat Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten, Adde Rossi Khoerunnisa angkat bicara.

Kata dia, berdasarkan data BPS Banten 2015, tingkat pengangguran mencapai 9,55 persen. Oleh karena itu, di tahun ini pemerintah daerah harus mampu mengkoneksikan antara kebutuhan perusahaan dengan calon tenaga kerja di tingkat pendidikan menengah.

Apalagi,  2016 ini Banten memiliki capaian kelulusan Tingkat Sekolah Menengah cukup tinggi. "Saya berharap pemerintah daerah harus mengantisipasi tingkat pengangguran yang akan bertambah. Maka dari itu, pemerintah juga harus mampu mengkoneksikan kerjasama antar sekolah dengan perusahaan," ucapnya.

Lulusan SMK terutama harus sudah terproyeksi untuk dipekerjakan disejumlah perusahan, dengan fasilitas pemerintah Daerah. sementara untuk tingkat SMA diupayakan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Selian itu, wanita yang akrab disapa Aci ini, berharap pemerintah daerah bisa membuka lowongan kerja dengan memberikan info disetiap perusahan yang membutuhkan tenaga kerja.

"Pemerintah harus bisa menyediakan lowongan kerja, dengan berkomunikasi disetiap perusahaan," tegasnya. (Meghat/red)

Komentar