Vaksin Tahap Dua Dinkes Kota Serang Prioritaskan Pelayan Publik Hingga Lansia

Kepala Dinkes Kota Serang M Ikbal saat di wawancarai wartawan. (Foto: TitikNOL)
Kepala Dinkes Kota Serang M Ikbal saat di wawancarai wartawan. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Pemerintah Kota Serang merampungkan vaksinasi tahap satu untuk tenaga kesehatan di Kota Serang. Tercatat, 3.380 vaksin sinovac telah digunakan, dengan capaian presentasi mencapai 93 persen.

Vaksinasi dilanjutkan ke tahap dua pada Maret mendatang, dengan memprioritaskan pelayan publik dan masyarakat umum kategori lanjut usia (lansia).

"Tahap pertama sudah rampung 93 persen, untuk tenaga kesehatan, untuk sisa vaksin akan dilanjutkan ke tahap dua nanti, termasuk nakes yg belum vaksin," kata Kepala Dinas Kota Serang M Ikbal, Rabu (22/2/2021).

M Ikbal menjelaskan, distribusi vaksin dari Pemprov Banten sedang dalam proses pengambilan di gudang Labkesda milik Dinas Kesehatan setempat. Namun pihaknya belum tahu detail berapa jumlah vaksin yang diambil.

"Hari ini vaksin sedang diproses. Untuk jumlahnya belum tahu masih proses," ungkapnya.

Vaksinasi tahap dua sendiri diprioritaskan untuk pelayan publik seperti Aparatur Sipil Negara (ASN), Legislatif dan TNI Polri serta masyarakat umum kategori lansia.

"Untuk tahap dua, Pemkot Serang akan melaksanakan vaksinasi pada awal Maret mendatang. Untuk pelayan publik dari mulai ASN, Legislatif termasuk masyarakat yang usianya 59 tahun itu menjadi prioritas di tahap kedua vaksinasi. Kami masih mendata berapa sih yang sebenarnya untuk di Kota Serang ini," ungkapnya.

Untuk proses pendaftaran kata Ikbal, bisa langsung datang ke Pelayanan Kesehatan atau mengikuti vaksinasi massal yang digelar oleh instansi atau lembaga terkait.

"Ada 33 fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Serang termasuk logistiknya juga sedang kami susun dan hari ini kami sedang proses mengambil vaksin. Nanti bisa datang langsung menyerahkan KTP. Jika memang belum bisa, nanti mendaftar ulang lagi," tukasnya. (Gat/TN1)

Komentar