Waduh, DAK untuk RSUD Banten Nyasar ke RSUD Malingping

Ilustrasi DAK. (Dok: net)Ilustrasi DAK. (Dok: net)

SERANG, TitikNOL - Dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat yang diperuntukkan untuk RSUD Banten senilai Rp45 miliar diduga dialihkan ke RSUD Malingping. Belum diketahui pasti apakah ada kesalahan atau memang sengaja dialihkan.

Informasi yang diperoleh, dalam dokumen Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Banten tahun 2017, anggaran Rp45 miliar yang bersumber dari DAK itu tertera pada RSUD Malingping. Sementara, di dokumen pusat, DAK itu diperuntukkan untuk RSUD Banten.

“Dari lembaran dokumen yang diterima Komisi V, alokasi (DAK) tersebut tercatat untuk RSUD Banten. Namun dalam dokumen RAPBD Banten tahun 2017, dana itu dialokasikan untuk RSUD Malingping," kata Sekretaris Komisi V DPRD Banten Fitron Nur Iksan, Jumat (2/12/2016).

Diduga ada kesalahan dari Bappeda terkait hal ini. Sebab, berdasarkan koordinasi Komisi V dengan mitra kerja SKPD, RSUD Malingping tidak mengusulkan anggaran tersebut melalui e-planning ke pemerintah pusat.

"Tetapi pihak yang mengusulkan anggaran melalui e-planning kaitannya dengan DAK tersebut yaitu RSUD Banten. Listed penerima yang dari pusat kan RSUD Banten, bukan RSUD Malingping. Apa tidak lebih baik itu dialokasikan untuk RSUD Banten sesuai listed. Pelajari ketentuannya, jangan sampai kemudian hari menimbulkan masalah," tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten M Yanuar dikonfirmasi mengetahui hal tersebut adanya pengalihan DAK dari RSUD Banten ke RSUD Malingping. Namun, ia tak mengetahui alasan pengalihan alokasi DAK sub bidang pelayanan kesehatan rujukan tersebut.

"Ya, saya tahu itu. Kalau saya sih melihatnya ya tinggal dilihat saja ada usulan enggak dari RSUD Malingping ke Kementerian Kesehatan, karena pasti ada usulan awalnya," terang Yanuar, ditemui seusai rapat paripurna di KP3B, kemarin. (Kuk/Rif)

Komentar