Wah! SOTK Berubah, Banyak Pejabat Pemprov Banten Nonjob?

Ilustrasi pekerja dinas Provinsi Banten. (Dok:net)Ilustrasi pekerja dinas Provinsi Banten. (Dok:net)

SERANG, TitikNOL - Perubahan struktur organisasi tata kerja (SOTK) di Pemprov Banten, bakal berdampak terhadap puluhan pejabat struktural.

Kemungkinan besar banyak pejabat harus menanggalkan jabatannya karena adanya perampingan organisasi perangkat daerah (OPD).

"Ya bisa saja seperti itu, kan dinas-dinas itu ada tipe-tipenya nanti. Walaupun ada penambahan beberapa dinas baru, tapi ada pengurangan di bidang dan seksi," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, Samsir, ditemui di Kantor Inspektorat, Selasa (3/5/2016).

Ia menjelaskan, nantinya staf ahli berkurang dua orang dari sebelumnya diisi lima orang. Selain itu, eselon III dan IV akan disesuaikan dengan tipologi dinas.

"Untuk dinas tipe C itu seperti BKD kan hanya ada 2 bidang nantinya, sekarang kan ada 4 bidang. Kemudian tipe A seperti DBMTR, DSDAP, Dishub itu nanti hanya 4 bidang. Tipe B seperti Bappeda itu hanya ada 3 bidang, sebelumnya kan ada 6," kata Samsir.

Baca juga: Persiapan Perombakan SOTK Pemprov Banten Sudah 100 Persen

Terpisah, Kepala Biro Organisasi setda Banten, Dian Wirtadipura, membenarkan adanya pemangkasan pejabat struktural pasca perombakan SOTK nanti.

"Minusnya banyak, karena kan dirampingkan. Dinas bertambah tapi SDM-nya ramping. Puluhan pejabat akan tereduksi, jadi itu dipangkas, ya ada lah puluhan pejabat," katanya. (Kuk/red)

Komentar