Waw! Penerimaan Pajak Kendaraan Samsat Serang Capai Miliaran

Kepala UPT DPPKD Kota Serang, Ahmad Syaukani saat berdialog dengan pegawainya di Kantor Samsat. (Foto:TitikNOL)
Kepala UPT DPPKD Kota Serang, Ahmad Syaukani saat berdialog dengan pegawainya di Kantor Samsat. (Foto:TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Penerimaan pajak dari kendaraan bermotor khusus Samsat Kota Serang pada Januari-11 April  2016 yang bersumber dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor I dan II (BBN-KB), mencapai Rp 467,452 miliar.

Kepala Samsat Kota Serang, Ahmad Syaukani mengatakan, realisasi PKB periode 1 Januari-11 April 2016 mencapai 20 miliar atau 27,67 persen dari target Rp 72,297 miliar di tahun 2016 ini, sedangkan BBN-KB I (kendaraan baru) Rp 23,3 miliar atau 22,99 persen dari target Rp 101,3 miliar. Sementara, BBN-KB II atau mutasi dan balik nama mencapai Rp 424,145 juta atau 39,5 persen dari Rp 1,07 miliar.

"Target di triwulan I 2016 ini 20 persen penerimaan pajak. Artinya Samsat Serang sudah melampaui target, rata-rata melebihi 20 persen," kata pria yang akrab disapa Oni ini.

Dengan capaian tersebut, ia meyakini target 100 persen penerimaan pajak di tahun 2016 ini akan tercapai.

"Dari tahun ke tahun selalu mencapai target, bahkan di tahun realisasinya 103 persen," ucapnya.

Ia menyampaikan, di tahun ini Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Provinsi Banten mencanangkan pelayanan prima demi terus menggenjot pendapatan asli daerah (PAD). Dalam rangkaian pelayanan prima, samsat-samsat menggelar kegiatan bakti sosial, seperti bantuan sosial, khitanan massal, pemberian sembako, pangkas rambut gratis, pijat gratis, dan lainnya.

"Kami ingin keberadaan Samsat dirasakan oleh masyarakat. Dengan diluncurkannya pelayanan prima, artinya kami tidak hanya sekadar meraup pajak-pajak dari masyarakat, tetapi juga meningkatkan pelayanan dan mendekatkan diri dengan masyarakat," tutur mantan Kabag Protokol pada Humas Pemprov Banten ini. (Kuk/red)

TAG samsat
Komentar