100 Rumah Tidak Layak Huni di Kelurahan Banten Belum Tertangani

Lurah Banten, Hizbullah. (Foto: TitikNOL)
Lurah Banten, Hizbullah. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Sebanyak 100 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, belum tertangani oleh pemerintah.

Lurah Banten Hizbullah mengatakan, ada 100 rumah lebih warga di wilayah pusat wisata religi Banten Lama belum tertangani. Penerima bantuan merupakan keluarga miskin yang memiliki hunian kurang layak.

"Banyak ya, lebih kali 100 rumah mah. Ada juga bantuan stimulan swadaya itu," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/01/2020).

Ia menyebutkan, letak geografis wilayah Banten yang berdekatan dengan laut berdampak pada kelapukan bangunan rumah. Terlebih, banyak rumah warga yang semi permanen.

Kemungkinan hal itu yang menjadi dampak banyaknya RTLH di wilayahnya. Untuk mengatasinya, ia berharap semua pihak terlibat dalam mengentaskan masalah RTLH dan kemiskinan di Kelurahan Banten.

"Karena memang kami ini zona pesisir ya, pelapukan bangunan itu lebih cepat," terangnya.

Sejauh ini kata Hizbullah, pihaknya hanya bisa menunggu pengalokasian bantuan dari pemerintah. Sebab, dirinya tidak memiliki kebijakan dalam mengatasi RTLH.

"Untuk sementara kami sambil menunggu karena inikan program pemerintah pusat ya. Kalau bantuan turun ya saya pengalokasian," jelasnya. (Son/TN1)

Komentar