Selasa, 17 September 2024

1200 Maba Universitas Faletehan Ikuti PKKMB

SERANG, TitikNOL - Sebanyak 1200 Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Faletehan mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023, Rabu (20/09/2023).

Kegiatan PKKMB Universitas Faletehan yang akan digelar selama 2 hari (20-21 September) ini dilaksanakan di Aula Faletehan.

Pembukaan PKKMB dilaksanakan secara sakral yaitu dibuka dengan Sidang Senat yang dipimpin oleh Rektor Universitas Faletehan Andiko Nugraha Kusuma.

Dalam sambutan dan pesan rektor, Andiko menyambut kepada semua mahasiswa baru yang bergabung menjadi keluarga Universitas Faletehan.

"Ini kegiatan PKKMB yang mana adalah untuk menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi," ujar Andiko.

Andiko melanjutkan, bahwa PKKMB di Universitas Faletehan dilaksanakan dan menjadi tanggung jawab pimpinan dan sivitas akademika UF.

"Karena pada dasarnya PKKMB ini, tidak dibenarkan bila ada perguruan tinggi menyerahkan kegiatan sepenuhnya kepada peserta didik senior, tanpa ada proses pembimbingan dan pendampingan yang memadai. Sehingga PKKMB di UF jauh dari bentuk aktivitas perploncoan oleh senior, kekerasan fisik, dan atau psikis," jelasnya.

Lebih lanjut, Andiko juga berpesan kepada mahasiswa baru untuk bisa selaras mewujudkan cita-cita UF.

"PKKMB tahun ini mengandung simbolisasi pesan dan harapan bagi seluruh mahasiswa baru, bahwa mereka adalah Generasi Baru yang lahir untuk meraih kegemilangan di 5.0 Society Era," paparnya.

"Yang diharapkan dari mahasiswa baru adalah menjadi sosok generasi yang siap menghadapi masa depan, dengan penuh kejujuran, semangat menciptakan perubahan, kecerdasan dan kepiawaian yang mumpuni, dirangkai dalam satu sikap dan kepribadian utuh dan santun, mampu beradaptasi dalam setiap perubahan, mampu menyesuaikan diri disetiap kondisi dan mampu bertahan serta memberikan solusi dalam setiap permasalahan dengan karakter yang bijak dan spiritualitas yang tinggi," tambah Rektor Pertama Universitas Faletehan ini.

Sementara itu, Ketua Panitia PPKMB Universitas Faletehan, Agus Sustiyono mengatakan Kegiatan PPKMB sangat penting dalam fungsi pendidikan tinggi.

"Perguruan tinggi memiliki tanggung jawab besar dalam membimbing mahasiswa baru menghadapi masa depan, dan kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman bermutu dan aman. Dengan tema 'Be A Smart, Become A Problem Solving and Reborn Generation in 5.0 Society Era' mencerminkan semangat perubahan dan kualitas pendidikan tinggi universitas kami.

Masih menurutnya, "Kami berusaha menciptakan generasi cerdas yang mampu mengatasi permasalahan dengan kemampuan memecahkan masalah yang kuat," ucapnya.


Lebih jauh, Agus juga mengungkap bahwa di PKKMB juga mendukung kebijakan "Merdeka Belajar–Kampus Merdeka" untuk memperluas kebebasan mahasiswa dalam memilih mata kuliah dan berinteraksi.

"Selamat datang kepada mahasiswa baru Universitas Faletehan Tahun Akademik 2023/2024. Mari bersama-sama menjelma menjadi generasi yang siap menghadapi masa depan dengan integritas, semangat perubahan, dan kemampuan yang mumpuni. Terima kasih dan selamat bergabung di Universitas Faletehan," tukasnya.

Untuk diketahui, PKKMB yang bertema besar Be A Smart, Become A Problem Solving and Reborn Generation in 5.0 Society Era ini menghadirkan narasumber yang berkompeten, sebagai sarana pembekalan mahasiswa baru UF.

Komentar