19 Januari 1966, Indira Gandhi Dilantik sebagai Perdana Menteri India

Indira Gandhi. (Dok: edukacija)
Indira Gandhi. (Dok: edukacija)

TitikNOL - Indira Gandhi adalah Perdana Menteri India mulai tanggal 19 Januari 1966 sampai 24 Maret 1977 dan dari 14 Januari 1980 sampai pembunuhan pada tahun 1984.

Dia adalah anak tunggal dari Jawaharlal Nehru, Perdana Menteri pertama India. Dia tidak berhubungan dengan Mahatma Gandhi, dia mengambil nama terakhirnya dari suaminya Feroze Gandhi, yang mengubah nama keluarganya menjadi ‘Gandhi’ karena alasan politik.

Sebuah strategi politik yang brilian dan pemikir, Indira juga memiliki keinginan yang luar biasa bagi kekuasaan politik. Sebagai wanita menduduki posisi tertinggi pemerintahan di masyarakat yang sangat patriarkal, Indira diharapkan untuk menjadi pemimpin pasif, tetapi tindakannya terbukti dia sebaliknya.

Ketika ayahnya meninggal pada tahun 1964, dia dipaksa untuk mengambil karir di bidang politik. Dia terpilih sebagai anggota parlemen di ayahnya Kongres Nasional India, dan ditunjuk sebagai menteri dalam kabinet Kongres Perdana Menteri Lal Bahadur Shastri. Shastri meninggal di kantor pada tahun 1966 dan Indira berhasil berlari untuk menggantikannya sebagai pemimpin partai serta Perdana India.

Sebagai Perdana Menteri, Indira hati-hati digunakan setiap alat yang tersedia yang dimilikinya untuk mengkonsolidasikan kekuatannya dan otoritas. Dengan menggunakan kekuatannya pengangkatan, dia menciptakan ‘terkenal lemah’ lemari. Dia menciptakan sendiri memerintah Kongres (R) partai menyusul perpecahan 1969 November dalam memerintah Kongres Nasional India. (Net/Rif)

Komentar