27 Januari 1947, Tragedi Perang Sanga-sanga

Tugu Perjuangan Merah Putih di Sanga-sanga. (Dok: kutaikartanegara)Tugu Perjuangan Merah Putih di Sanga-sanga. (Dok: kutaikartanegara)

TitikNOL - Sangasanga merupakan kecamatan di wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dengan luas wilayah mencapai 233,4 km2 dan terbagi dalam lim kelurahan.

Jumlah penduduknya mencapai 11.855 jiwa. Sangasanga merupakan salah satu wilayah penghasil minyak bumi yang sangat penting di Kalimantan Timur, sejak sumur minyak Louise untuk pertama kalinya berproduksi pada 1897.

Dalam sejarahnya, Sangasanga juga terkenal dengan sebuah peristiwa penting. Di mana, para pejuang kemerdekaan yang tergabung dalam Badan Pembela Republik Indonesia (BPRI) bahu-membahu bersama rakyat mempertahankan Sangasanga dari gempuran Belanda, yang ingin menguasai kembali Sangasanga beserta kekayaan yang ada didalamnya.

Peristiwa heroik yang terjadi pada tanggal 27 Januari 1947 tersebut memakan korban jiwa dan harta dari rakyat Sangasanga.

Pertempuran ini setiap tahun selalu diperingati sampai sekarang dan dikenal dengan Peristiwa Perjuangan Merah-P. (Net/Rif)

Komentar