29 Desember 2010, Malaysia Juara Piala Suzuki AFF Usai Mengalahkan Indonesia

Piala Suzuki AFF 2010, Indonesia vs Malaysia. (Dok: caksol)Piala Suzuki AFF 2010, Indonesia vs Malaysia. (Dok: caksol)

TitikNOL - Kejuaraan Sepak Bola ASEAN 2010 merupakan edisi kedelapan dari Kejuaraan Sepak Bola ASEAN. Suzuki kembali menjadi sponsor utama turnamen edisi ini, sehingga secara resmi, edisi ini bernama Piala Suzuki AFF 2010.

Babak penyisihan grup digelar di Indonesia dan Vietnam, 1 hingga 8 Desember, sementara pertandingan semifinal dan final digelar dengan sistem tandang-kandang. Pertandingan semifinal berlangsung pada 15 dan 16 Desember untuk pertandingan pertama dan pada 18 hingga 19 Desember untuk pertandingan kedua. Sementara, pertandingan final digelar pada 26 dan 29 Desember.

Edisi ini dimenangkan Malaysia, setelah memenangkan babak final atas Indonesia setelah unggul agregat 4–2, setelah pada pertandingan pertama di Malaysia menang dengan skor 3–0 dan pada pertandingan kedua, Indonesia menang dengan skor 2–1. Sementara, Vietnam dan Filipina berhasil melaju hingga babak semifinal, namun tidak dapat melaju ke pertandingan final.

Firman Utina, kapten Indonesia menjadi pemain terbaik dalam turnamen edisi ini, sementara Mohd Safee Bin Mohd Sali, pemain Malaysia menjadi pencetak gol terbanyak dengan lima gol. (Net/rif)

Komentar