30 Juni 1934 - Pembantaian Rival Politik Hitler, Terjadi di Jerman

Ilustrasi Adolf Hitler dan pasukan Sturmabteilung (SA). (Dok: Youtube)
Ilustrasi Adolf Hitler dan pasukan Sturmabteilung (SA). (Dok: Youtube)

TitikNOL - Malam Pisau Panjang (Nacht der langen Messer) atau Operasi Kolibri adalah pembersihan besar-besaran yang terjadi di Jerman Nazi mulai 30 Juni sampai 2 Juli 1934, ketika rezim Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP) atau Partai Buruh Nasional-Sosialis Jerman menghukum mati sekitar 90 orang untuk alasan politik. Kebanyakan yang dibunuh adalah anggota Sturmabteilung (SA) atau Pasukan Badai.

Sturmabteilung (disingkat SA) adalah organisasi paramiliter Partai Nazi pada masa Republik Weimar. SA berperan penting dalam naiknya Nazi ke tampuk kekuasaan. Sesudah Machtergreifung, SA menjadi barisan bantu polisi.

Adolf Hitler bermusuhan terhadap SA di bawah pimpinan Ernst Julius Rohm, karena Hitler melihat kebebasan SA dan kesukaan anggotanya akan kekerasan jalanan merupakan ancaman langsung bagi kekuasaannya. Hitler juga menginginkan pencegahan gerakan apapun oleh para petinggi Reichswehr, militer Jerman, yang takut dan benci akan SA, membatasi kekuasaannya. Khususnya sejak Ernst Rohm menunjukkan gelagat ambisinya untuk menggabungkan Reichswehr ke dalam SA dengan dirinya sebagai kepala.

Akhirnya, Hitler menggunakan pembersihan itu untuk melawan kritik konservatif dalam rezimnya, khususnya yang setia pada Wakil Kanselir Franz von Papen, dan membereskan urusan dengan musuh-musuh lama.

SA kehilangan perannya pada tahun 1934 menyusul pembunuhan terhadap pimpinan mereka, Ernst Rohm. Hal itu dilakukan sebagai langkah pencegahan terhadap upaya Rohm-Putsch.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.wikipedia.org

Komentar