4 Wilayah Kecamatan di Lebak Alami Kekeringan

Ilustrasi kekeringan. (Dok: viva)
Ilustrasi kekeringan. (Dok: viva)

LEBAK, TitikNOL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak menyebut ada empat wilayah kecamatan di Lebak yang mengalami kekeringan.

Ke empat wilayah tersebut meliputi Kecamatan Leuwidamar, Kecamatan Banjarsari, Kecamatan Wanasalam dan Kecamatan Cihara.

Adapun rinciannya yakni Desa Jalupangmulya, Desa Sangkanwangi, Desa Cibungur di Kecamatan Leuwidamar, Desa Gunungsari dan Desa Kumpay di Kecamatan Banjarsari serta Desa Cihara di Kecamatan Cihara.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Lebak Madlias mengungkap, khusus untuk Kecamatan Wansalam yakni Desa Muara bukan kekeringan atau tidak ada air, tapi airnya asin dan tidak bisa di konsumsi.

"Sebagian desa di Kecamatan Wanasalam memang sudah ada PDAM. Untuk Desa Muara, kita sudah drop air bersih dua kali ke sana sebanyak 8 tangki air bersih," ujar Madlias, Senin (4/9/2017) kepada TitikNOL.

Selain itu lanjut Madlias, khusus wilayah yang perlu diwaspadai terjadinya kebakaran di musim kemarau ini adalah wilayah Kecamatan Leuwidamar.

Oleh karenanya, upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran karena kemarau ini, BPBD bersama para relawan di wilayah kecamatan setempat akan membentuk tim khusus guna memberikan himbauan kepada warga agar mewaspadai terjadinya kebakaran.

Tidak hanya itu kata Madlias, pihaknya saat ini tengah mengupayakan permohonan bantuan kepada pemerintah pusat, guna mendapatkan bantuan mesin pompa air untuk mengantisipasi kekerangan air di wilayah-wilayah yang terancam kekeringan akibat kemarau di Lebak.

"Kalau untuk membangun Embung sudah tidak memungkinkan, kita sedang berupaya untuk meminta bantuan mesin pompa air ke pemerintah pusat. Mesin-mesin pompa itu nanti kita akan tempatkan di beberapa wilayah desa dan kecamatan yang rawan kekeringan," pungkasnya. (Gun/red)

Komentar