15 Agustus – Lima Negara Merayakan Hari Kemerdekaan

Ilustrasi kemerdekaan. (Dok:dakwatuna)Ilustrasi kemerdekaan. (Dok:dakwatuna)

TitikNOL – 15 Agustus merupakan hari paling bersejarah bagi lima negara di dunia. Negara-negara ini tengah merayakan hari kemerdekaan. Negara-negara tersebut adalah Bahrain, Republik Kongo, India,
Pakistan, dan Korea Selatan. Bahrain merdeka dari Inggris tanggal 15 Agustus 1971, lalu Republik Kongo merdeka dari Perancis tanggal 15 Agustus 1960. Sementara India dan Pakistan merdeka dari Inggris pada 15 Agustus 1947. Terakhir Korea Selatan merdeka dari Jepang pada 15 Agustus 1945.

Sejarah kemerdekaan Bahrain bermula ketika wilayah di Teluk Persia ini menjadi bagian dari persemakmuran Britania Raya. Namun pada Perang Dunia II, sentimen-sentimen negatif dari bangsa arab menguat kepada Inggris. Sehingga pada 15 Agustus 1971, Inggris melepas kekuasaannya terhadap Bahrain.

Pada sejarah Republik Kongo, perang dunia II memicu rasa nasionalis para tokoh masyarakat di Benua Afrika. Ditambah dengan dukungan negara-negara bekas jajahan di dataran Afrika hingga Asia, Republik
Kongo berhasil didorong untuk merdeka dari Kolonial Perancis pada 15 Agustus 1960.

Kemerdekaan India dan Pakistan pada 15 Agustus 1947, tidak lepas dari upaya para raja-raja India mendapatkan kemerdekaan penuh dari Inggris. Gerakan kemerdekaan India dimulai sejak pertengahan abad 19. Pada akhirnya, Inggris mengakui keberadaan wilayah kerajaan Islam di India yang kini bernama Pakistan, begitu juga negara India itu sendiri, menjelang perang dunia II berakhir.

Sementara itu, kemerdekaan Korea Selatan tidak lepas dari kekalahan telak Jepang oleh negara sekutu pada Perang Dunia II. Jepang lempar anduk usai Amerika menjatuhkan dua bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Kekalahan ini sekaligus mengakhiri kekuasaan Jepang terhadap sejumlah negara jajahan, diantaranya Korea Selatan. (quy)

Komentar