9 Agustus 1945 - Bom Nuklir Hancurkan Kota Nagasaki

Ledakaan bom atom 580 meter di atas pusat kota Hiroshima yang mengakibatkan 80 persen wilayah kota luluhlantak akibat ledakan ini. (Dok: dw)Ledakaan bom atom 580 meter di atas pusat kota Hiroshima yang mengakibatkan 80 persen wilayah kota luluhlantak akibat ledakan ini. (Dok: dw)

TitikNOL - Hari ini 71 satu tahun yang lalu, tepatnya 9 Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Kota Nagasaki, Jepang. Bom atom yang diberi nama ‘Fat Man’ ini merupakan bom atom kedua yang dijatuhkan oleh Amerika, dimana bom atom pertama yang diberi nama ‘Little Boy’ dijatuhkan di Hirosima pada 6 Agustus 1945.

Bom atom ini telah menewaskan 80 ribu jiwa warga Nagasaki. Sejak itu ribuan warga lain tewas akibat terpapar radiasi dari bom tersebut. Sama halnya terjadi di Kota Hirosima, sebanyak 140 jiwa warga setempat meninggal dunia, dimana mayoritas yang tewas adalah para penduduk.

Serangan bom atom ini berdampak besar terhadap perang dunia yang tengah terjadi ketika itu. Jepang mengumumkan menyerah tanpa syarat kepada Amerika Serikat dan sekutunya. Mereka melakukan penandatanganan instrumen menyerah pada 2 September 1945, menandakan berakhirnya perang pasifik dan perang dunia II. (Red)

Komentar