9 Penambang Ilegal yang Terjebak Longsor di Lebak Berhasil Dievakuasi

Salah seorang penambang sedang mendapatkan perawatan. (Foto: TitikNOL)
Salah seorang penambang sedang mendapatkan perawatan. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Bencana banjir dan longsor yang melanda Kabupaten Lebak pada Jumat (6/12//2019), menyebabkan 9 orang gurandil (penambang emas ilegal) terjebak dalam lubang galian tambang emas Eks PT. Antam.

Namun saat ini, seluruh korban sudah berhasil dievakuasi oleh Tim Sar gabungan sekira pukul 6.00 Wib, Minggu (8/12/2019).

Tim Sar terdiri dari Basarnas, Kodim 0603 dan Polres Lebak, BPBD, relawan BSMl, BPBD, PMI, Tagana, Balawista dan warga sekitar.

Sembilan orang gurandil itu yakni Surahman, Hamdan, Ade, Haisa, Barka, Faisal, Juli, Ansa, Dar’i. Mayoritas korban merupakan warga Kampung Lebak Sembada, Kampung Ciusul, Kampung Cipuluh dan Citorek, Desa Citorek Kidul.

Baca juga: Dua Kecamatan di Lebak Dikepung Banjir, 9 Gurandil Dikabarkan Terendam Air di Dalam Lubang

Para korban itu, kemudian dievakuasi Tim Sar ke Puskesmas Citorek karena mereka dalam kondisi lemas dan mengeluh pusing.

Hairoe Amir Kasubsiops dan Siaga pada kantor Basarnas Banten, membenarkan bahwa korban yang tertimbun longsor telah ditemukan dalam kondisi selamat dan sudah dievakuasi.

"Mereka berhasil di evakuasi pada pukul 6.00 Wib pagi tadi, seluruh korban ditemukan dalam kondisi selamat dan langsung ditangani tim medis Puskesmas Citorek," tukasnya. (Gun/TN1)

Komentar