Air Irigasi Meluap, Puluhan Rumah di Ciruas Kebanjiran

Banjir yang menerjang kawasan pemukiman warga di Kampung Citerep, Desa Citerep, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang. (Foto: TitikNOL)
Banjir yang menerjang kawasan pemukiman warga di Kampung Citerep, Desa Citerep, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang. (Foto: TitikNOL)
SERANG, TitikNOL – Hujan deras yang mengguyur selama tiga jam lebih, membuat kawasan pemukiman warga di Kampung Citerep, Desa Citerep, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang terendam banjir setinggi lutut orang dewasa.

Pantauan wartawan di lokasi pada Minggu (2/2/2020), air di wilayah ini masih belum surut. Beberapa warga yang rumahnya terendam, terlihat sibuk mengamankan barang yang ada di dalam rumah.

Informasi yang diperoleh dari warga, banjir disebabkan oleh meluapnya aliran irigasi di kampung tersebut akibat hujan lebat. Terlebih, keberadaan salah satu perumahan di wilayah itu membuat banjir semakin parah.

Rahmat alias Dika, salah satu warga yang ditemui di lokasi kejadian mengakui, banjir yang terjadi saat ini lebih parah jika dibandingkan musim hujan sebelumnya.

Menurutnya, selain buruknya sistem drainase di wilayah itu, tumpukan sampah yang menyumbat di gorong-gorong membuat air semakin meluap.

“Banjir saat ini lebih parah dari yang kemarin Pak. Selain gorong-gorong macet karena sampah, ada perumahan di sini yang sistem drainasenya buruk sehingga air dari situ malah meluap ke kampung,” ujar Rahmat.

Menurutnya, saat ini ada sekitar 10 rumah lebih milik warga yang terendam banjir. Sementara luapan air di kampungnya hingga hari ini masih belum surut.

Ia pun berharap, agar pemerintah bisa mencari solusi atas banjir yang terjadi di wilayahnya. Karena selain merugikan warga, banjir pun membuat perabotan rumah milik warga terendam dan rusak. (Wen/TN1)
Komentar