Aksi Demo Ribuan Warga ke PT Cemindo Gemilang Ricuh

Dikawal puluhan kepolisian, ribuan warga dari berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Lebak melakukan aksi demo ke PT. Cemindo Gemilang. (Foto: TitikNOL)
Dikawal puluhan kepolisian, ribuan warga dari berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Lebak melakukan aksi demo ke PT. Cemindo Gemilang. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Ribuan warga dari berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Lebak melakukan aksi demo besar-besaran ke pabrik semen merah putih milik PT. Cemindo Gemilang di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Selasa (28/2/2017).

Dalam aksi tersebut, warga melakukan long march sejauh satu kilometer dari terminal truk Cibayawak menuju ke lokasi kantor PT. Cemindo Gemilang.

Pantauan di lapangan, demo tersebut berlangsung ricuh dan warga berhasil merusak pintu gerbang utama perusahaan serta merangsek masuk, meski sudah dikawal oleh puluhan polisi.

Aksi sendiri dapat terkendali kembali setelah Koordintor Umum aksi warga ke PT. Cemindo Gemilang yakni, Buya Sujana Karis naik ke mobil komando untuk meredam aksi yang nyaris brutal.

"Saya atas nama masyarakat Lebak selatan, minta agar pihak PT Cemindo dapat menseimbangkan soal penerimaan tenaga kerja yaitu 70 - 30 sesuai janji semula. Tapi sekarang, pada kenyataannya malah sebaliknya. Untuk itu, kami minta semua tuntutan dapat dipenuhi yang akan disampaikan nanti oleh tim mediasi dari kami," ujar Buya Karis panggilan akrabnya.

Usai memberikan orasinya, Buya Karis pun kembali turun dari mobil komando dan orasi dilanjutkan oleh orator lainnya. Hingga berita ini diturunkan, ribuan warga masih melakukan orasi-orasinya di depan pintu gerbang utama pabrik semen Merah Putih. (Gun/Rif)

Komentar