Amankan Jalur Mudik dan Wisata, Polda Banten Siapkan 3.000 Personel

Kapolda Banten, Brigjen Pol Ahmad Dofiri. (Dok: Progresnews)Kapolda Banten, Brigjen Pol Ahmad Dofiri. (Dok: Progresnews)

SERANG, TitikNOL - Dalam menghadapi pengamanan selama mudik Hari Raya Idul Fitri, Polda Banten menerjunkan sebanyak 3.000 personel. Dimana  Personel tersebut, akan ditempatkan pada beberapa titik mulai dari jalur mudik dan jalur wisata.

"3.000 personil akan dikerahkan. Petugas semuanya gabungan dari Polres dan Polsek setempat," kata Kapolda Banten, Brigjen Pol Ahmad Dofiri kepada wartawan, Selasa (21/6/2016).

Ia menjelaskan, personel juga akan difokuskan pada titik-titik yang berpotensi terjadi kemacetan dan kecelakaan. Lalu, fasilitas jalan hingga adanya pasar tumpah di jalur-jalur tertentu pun akan disiapkan.

"Kita sudah koordinasi dengan Pemda untuk pengaturan pasar tumpah ini. Jadi mereka (pedagang) bisa tetap buka, namun kita imbau untuk tidak menggunakan bahu jalan yang akan dilalui kendaraan roda dua dan roda empat," jelasnya.

Sementara itu, khusus untuk Pelabuhan Merak, Kapolda menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak PT ASDP.

"Merak akan terjadi kepadatan. Pihak ASDP sudah melakukan antisipasi dengan penambahan jumlah loket, penambahan jumlah kapal, toilet dan pembelian tiket di rest area seperti di Balaraja," kata Kapolda.

Selain itu, pada H+2 pihak kepolisian juga akan mengamankan jalur wisata terutama di jalur pantai seperti Anyer hingga Carita. "Disana pasti akan terjadi kepadatan pengunjung. Kita juga akan amankan jalur-jalur tersebut." terangnya. (Meghat/rif)

Komentar