Antisipasi Macet Mudik Lebaran, Dishub Pantau Lewat CCTV

Ilustrasi. (Dok: Merdeka)
Ilustrasi. (Dok: Merdeka)

SERANG, TitikNOL - Mengantisipasi kemacetan saat arus mudik Lebaran, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Banten akan memanfaatkan kamera pemantau atau Closed Circuit Television (CCTV), di sejumlah titik rawan kemacetan di Banten. 

Pemantauan CCTV bekerja sama dengan Polda Banten dan pengelola tol Tangerang-Merak, PT Marga Mandala Sakti (MMS).

"Antisipasi kemacetan menuju Pelabuhan Merak dilakukan dengan melihat pergerakan kedatangan di Pintu Tol Cikupa. Kami akan bekerja sama dengan MMS. Kalau di Merak padat, pergerakan kendaraan kami atur, dibagi ke tiga titik. Yakni mulai jalan Cikuasa sampai pintu tol Gerem, dari tol Gerem sampai Cilegon Barat. Kalau disitu sudah padat, maka dikeluarkan di tol Cilegon Barat," kata Kabid Perhubungan Darat Dishubkominfo Banten Abadi Wuryanto, Selasa (21/6/2016).

Menurutnya, pasar tumpah dibeberapa titik di wilayah Banten yang menjadi langganan setiap tahunnya ‎menjadi fokus. Sejumlah titik kemacetan yang diantisipasi antara lain Simpang Asem Cikande, kawasan industri Nikomas, simpang Sentul Keragilan, depan PT Indah Kiat Cikande, exit tol Kragilan, simpang Ciruas, pasar Kalodran, exit tol Serang Timur dan simpang Kramatwatu.

"Dishub mengerahkan 96 personel untuk mengatur arus lalu lintas. Personel akan disebar di posko mudik dan gardu pengatur lalu lintas (gatur lalin)," ujarnya. (Kuk/rif)

Komentar