Kamis, 25 Juli 2024

Antisipasi Musim Penghujan, Polda Banten Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

SERANG, TitikNOL - Memasuki musim penghujan, seluruh instansi Pemprov, TNI-POLRI, Satpol PP, Basarnas, PMI dan Forkompinda lainnya melakukan apel kesiapsiagaan bencana sesuai situasi, kondisi, dan potensi ancaman bencana di Alun-alun, Serang, Banten, Selasa (19/12/2023).

Pejabat Gubernur Banten Al Muktabar mengungkapkan menurut prakiraan cuaca dari BMKG Banten, musim penghujan jatuh pada bulan November, sedangkan puncak musim penghujan pada bulan Januari hingga Februari 2024.

Maka melalui Apel Kesiapsiagaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan penanggulangan bencana menghadapi musim hujan dan antisipasi bencana alam kemungkinan yang akan terjadi.

"Namun bila itu terjadi harus siap dengan segala kemampuan yang kita miliki. Kesiapan ini juga tentu secara mendasar dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2024 serta dalam rangka menciptakan suasana kamtibmas bersama kepada masyarakat," kata Al Muktabar.

Setelah melakukan apel dilanjutkan dengan pengecekan pasukan dalam kesiapan mental yang kuat dan tangguh untuk menghadapi berbagai hal yang kemungkina dapat terjadi.

"Selain pasukan kita juga mengecek kelengkapan peralatan darurat bencana mulai dari kesiapan bilas, terkait dengan keadaan alam, lalu ada anjing pelacak, artinya semua yang kita siap dan lengkap sesuai dengan potensi yang kita miliki," jelasnya.

Selain alat tangguh bencana terdapat mobil dapur umum yang nantinya berguna untuk menyiapkan pangan dalam keadaan darurat serta yang menarik mobil penjernih air bisa digunakan dan langsung minum.

"Semua ini kita persiapkan termasuk sarana prasarana di laut juga nanti kita cek satu persatu, dan yang paling utama kita doa bersama agar alam bersahabat supaya tidak terjadi hal yang tidak kita harapkan," harap Al Muktabar. (TN)

Komentar