Antisipasi Penyakit, Pengawasan Hewan Kurban di Cilegon Diperketat

Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Cilegon saat memeriksa kesehatan hewan kurban. (Foto: TItikNOL)
Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Cilegon saat memeriksa kesehatan hewan kurban. (Foto: TItikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Cilegon, memeriksa hewan kurban di sejumlah lapak pedagang yang ada di wilayah Cilegon.

Pemeriksaan dilakukan, guna menjamin keamanan hewan kurban yang dijual disejumlah lapak di Kota Cilegon, termasuk agar hewan kurban yang dijual bebas dari penyakit anthrax, cacing hati, mata, kuku dan mulut.

"Tujuan pemeriksaan ini untuk memastikan bahwa hewan kurban yang dijual tidak terkena penyakit Anthrax ,cacing hati, mata,kukuh dan mulut," ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Cilegon, Lira Juliantina, saat ditemui di lapak pedagang hewan kurban di Lingkungan Ciberko, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Senin (21/8/2017).

Lira melanjutkan, dari setiap hewan kurban yang sudah diperiksa dan dinyatakan sehat, pihaknya memberikan tanda khusus atau label bahwa hewan tersebut dagingnya layak dikonsumsi.

"Bagi hewan kurban yang diperiksa dan dinyatakan sehat kita berikan label dan sertifikat kepada pedagangnya," tukasnya.

Sejauh ini kata Lira, pihaknya belum menemukan adanya hewan kurban yang dijual di sejumlah lapak yang mengalami penyakit. (Ardi/red)

Komentar