Antisipasi Virus Zika, KKP Banten Periksa Kru Kapal Asing

Ilustrasi. (Dok: saludabit)Ilustrasi. (Dok: saludabit)

CILEGON, TitikNOL - Untuk mengantisipasi penyebaran virus zika, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banten memperketat pemeriksaan kesehatan kru kapal asal Singapura dan negara lain yang masuk ke perairan Banten.

"Petugas kami (KKP) Kelas II Banten terus melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh kru kapal asal Singapura dan negara lain yang sudah masuk virus zika," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banten, Bambang N Budiharto, Selasa (6/29/2016).

Dikatakan Bambang, virus zika cukup berbahaya. Sebab, jenis penyakit ini bisa menular ke orang lain dengan cepat melalui nyamuk yang sebelumnya telah menggigit orang yang terinfeksi virus ini.

"Jadi virus zika itu sangat berbahaya bagi ibu hamil. Soalnya, bisa menghambat perkembangan janin. Bahkan, bisa menyebabkan bayi saat dilahirkan tidak normal atau cacat," terangnya.

Ia juga menyampaikan, Banten sendiri sampai dengan saat ini, belum ada yang terkena virus zika. “Tapi, kalau memang ada ditemukan orang yang terkena virus zika, pasti akan langsung kita rujuk ke rumah sakit untuk pendapatkan perawatan intensif. Ruang perawatannya juga harus steril atau diisolasi," tambahnya. (Ardi/rif)

Komentar