Arus Mudik 2019, Penumpang di Pelabuhan Merak Diprediksi Meningkat 15 Persen

Dirjen Hubdat Kemenhub, Budi Setiyadi saat memimpin rapat koordinasi persiapan menghadapi arus mudik 2019 di kantor ASDP Merak. (Foto: TitikNOL)Dirjen Hubdat Kemenhub, Budi Setiyadi saat memimpin rapat koordinasi persiapan menghadapi arus mudik 2019 di kantor ASDP Merak. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi, menggelar rapat koordinasi dengan stakeholder terkait dan perusahaan pelayaran di Pelabuhan Merak.

Berdasarkan pantauan di lapangan, rapat yang berlangsung di VIV Room PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak tersebut membahas terkait persiapan dalam menghadapi arus mudik 2019 mendatang.

"Ini rapat pertama kali kita untuk mengumpulkan persoal-persoalan bagaimana menghadapi angkutan lebaran. Karena memang sekarang ini jalan tol dari Bakauheni ke Lampung sudah jadi. Jadi artinya patut kita prediksi seperti yang disampaikan Nurhadi dari BPTD Banten tadi bahwa ada kemungkinan peningkatan penumpang maupun kendaraan sekitar 15 persen," kata Dirjen Hubda Kemenhub, Budi Setiyadi di Pelabuhan Merak, Jumat (3/5/2019) kemarin.

Dalam menghadapi angkutan mudik tahun ini, Budi berharap ada menejemen yang baik dalam segi pengaturan.

"Kan penumpang dan kendaraan diprediksi naik 10 - 15 persen, sedangkan suplai kita untuk kapal maupun untuk dermaga masih seperti tahun lalu. Jadi artinya kita harus meningkatkan dan melakukan menajemen dengan baik untuk pengaturan," imbuhnya.

Diketahui, dari 68 kapal yang tersedia hanya 64 kapal yang siap dioperasikan pada angkutan lebaran 2019 mendatang. (Ardi/TN1).

Komentar