ASDP Merak Siap-siap Hadapi Libur Panjang Tahun Baru

Calon penumpang terlihat memadati gang way Pelabuhan Merak menunggu giliran masuk ke kapal. (Foto: TitikNOL)Calon penumpang terlihat memadati gang way Pelabuhan Merak menunggu giliran masuk ke kapal. (Foto: TitikNOL)

MERAK,TitikNOL - Angkutan libur Natal telah usai, kini PT ASDP Indonesia Ferry kembali mempersiapkan diri untuk menghadapi angkutan libur Tahun Baru 2018. ASDP pun mengaku optimistis, layanan arus liburan di lintasan Merak-Bakaujeni pada pergantian tahun tersebut berjalan aman dan lancar.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Fahmi Alweni mengatakan, kondisi di pelabuhan Merak saat ini relatif masih sepi. Namun untuk trafik penumpang pejalan kaki, roda dua dan mobil pribadi mulai mengalir dan menunjukan peningkatan.

"Malam ini diperkirakan trafik truk akan mengalami peningkatan karena pembatasan aktivitas kendaraan berat berukuran atas 3 sumbu mulai pukul 00.00. Untuk trafik penumpang, roda dua dan empat diperkirakan akan mulai naik besok (Jumat). Kami optimis puncak arus liburan Tahun Baru berjalan lancar dan terlayani dengan baik," ungkap Fahmi, Kamis (28/12/2017).

Sama halnya saat menghadapi puncak arus angkutan Natal, pihak ASDP telah mempersiapkan skenario layanan penyeberangan untuk menggunakan armada berukuran besar dan percepatan waktu bongkar muat kapal dari normal 60 menit menjadi 30 menit saat terjadi kondisi sangat padat.

"Trafik relatif masih normal hari ini, namun kita antisipasi pada Jumat (29/12) besok akan terjadi peningkatan khususnya di mobil pribadi dan penumpang pejalan kaki. Kita siap maksimalkan 6 dermaga dengan 34 unit kapal. Jika terjadi lonjakan signifikan, kembali kita gunakan kapal-kapal berukuran besar untuk meminimalisir antrian," katanya.

Fahmi memastikan, kapasitas kapal terpasang di Pelabuhan Merak sangat memadai dalam pelayanan arus liburan Tahun Baru 2018. Mengacu pada karakteristik tahun lalu, dipastikan tren tahun ini tidak jauh berbeda. (Ardi/red).

Komentar