Kamis, 18 Juli 2024

ASDP Pastikan Semua Fasilitas Sarana Prasarana di Pelabuhan Merak Sudah Siap Hadapi Mudik

GM PT ASDP Indonesia Ferry Merak, Suharto saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait kesiapan menghadapi arus mudik. (Foto: TitikNOL)
GM PT ASDP Indonesia Ferry Merak, Suharto saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait kesiapan menghadapi arus mudik. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Merak, Suharto memastikan bahwa pihaknya sudah siap menghadapi angkutan mudik Lebaran 2024. Kesiapan itu mulai dari fasiltas sarana prasarana hingga dermaga pelabuhan.

"Kami selaku operator pelabuhan tentunya sudah menyiapkan semua fasilitas sarana prasarana yang ada di Pelabuhan Merak termasuk mengoperasikan 7 dermaga,"kata Suharto, Rabu (3/4/2024).

Suharto menjelaskan, pada arus mudik tahun ini ada peningkatan kapasitas dermaga yaitu dermaga 2 yang pada tahun lalu hanya bisa disandari kapal - kapal di bawah 5.000 Gross Tonnage (GT). Tapi pada tahun ini sudah bisa disandari dengan kapal di atas 10.000 GT.

"Artinya, seluruh dermaga di Pelabuhan Merak ini sudah bisa disandarin semua dengan kapal-kapal besar. Jadi kalau terjadi kepadatan di dalam pelabuhan, nanti dari BPTD akan mengerahkan kapal-kapal besar, sehingga daya angkutnya akan lebih banyak dan daya serap parkiran di dalam pelabuhan akan lebih cepat, " ujarnya.

Tidak hanya itu saja , lanjut Suharto, pihaknya juga memasang CCTV di semua area yang ada di Pelabuhan Merak, terutama area - area umum.

"Kita pasang CCTV demi keamanan dan lebih memudahkan dalam pengawasan, maka kami pasang di dalam pelabuhan ini sekitar 146 titik CCTV, " ungkapnya. (Ardi/TN).

Komentar