Awasi Pembuangan Limbah ke Laut, BLHD Banten Turunkan Tim ke Dermaga PT Cemindo

Sebuah kapal tongkang saat membuang clinker ke laut di sekitar dermaga milik PT Cemindo Gemilang di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. (Foto: Ist)Sebuah kapal tongkang saat membuang clinker ke laut di sekitar dermaga milik PT Cemindo Gemilang di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. (Foto: Ist)

SERANG,  TitikNOL - Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Banten Khusni Hasan, mengaku sudah menurunkan tim ke lokasi dermaga khusus milik PT Cemindo Gemilang di Kecamatan Bayah, Kabupaen Lebak.

Tim yang diturunkan lanjut Husni, untuk menyelidiki serta melakukan penelitian perihal dugaan pembuangan limbah clinker ke laut sekitar dermaga, yang dilakukan oleh kapal pembawa material semen milik pabrik semen merah putih.

"Hari ini tim saya ke sana. Kita lihat dulu hasilnya seperti apa,  kita tunggu laporan tim saya," kata Khusni Hasan kepada wartawan, saat ditemui di pendopo gubernur, Senin (1/8/2016).

Baca juga: Sikapi Pembuangan Limbah Clinker ke Laut, BLHD akan Sidak Dermaga PT Cemindo

Husni pun mengaku belum akan mengambil sikap apapun sebelum mendapatkan laporan dari timnya. Namun demikian, Husni mengatakan akan membuat aturan untuk PT Cemindo Gemilang, jika memang pembuangan limbah ke laut akan berdampak kepada masyarakat dan perairan sekitar.

"Kita tunggu laporan dulu, jika memang hasilnya berdampak kepada masyarakat, baru nanti kita beri rambu rambunya dan  mereka (PT Cemindo Gemilang) harus berbuat apa nih," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, kalangan aktivis lingkungan hidup di Lebak selatan menemukan adanya pembuangan limbah clinker (bahan baku semen) yang sudah bercampur senyawa kimia dibuang secara sembarangan ke laut. (Meghat/red)

Komentar