Banjir di Kabupaten Lebak Terus Meluas, Puluhan Rumah Terendam

Banjir terus meluas di Kabupaten Lebak, selain di beberapa desa di Kecamatan Banjarsari. Banjir juga terjadi di Kecamatan Cijaku dan Kecamatan Gunungkencana. (Foto: TitikNOL)Banjir terus meluas di Kabupaten Lebak, selain di beberapa desa di Kecamatan Banjarsari. Banjir juga terjadi di Kecamatan Cijaku dan Kecamatan Gunungkencana. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Banjir akibat luapan sejumlah sungai yang melintasi beberapa desa di Kecamatan Banjarsari terus meluas, hal tersebut diungkapakan Abdul Rochim Camat Kecamatan Banjarsi, Kabupaten Lebak.

Sebelumnya, banjir dilaporkan terjadi akibat luapan sungai Ciateul di Desa Cidahu, Sungai Cinapen di Desa Umbul Jaya dan Sungai Ciliman di Desa Tamansari yang merendam puluhan rumah dan dua pondok pesantren dengan ketingian air mencapi 50 centimeter hingga 1 meter.

"Saat ini banjir terus meluas ke Desa Gunungsari, Desa Lebak Keusik dan Desa Keusik, kami masih terus berupaya menghimbau kepada warga yang berada di sepanjang aliran Sungai Ciliman dan Cilember untuk tetap mewaspadai banjir karena curah hujan masih tinggi,"ujar Abdul Rochim melalui sambungan telepon selulernya kepada TitikNOL, Senin (22/1/2018).

Abdul Rochim berharap, agar warga yang berada dan bertempat tinggal di sepanjag aliran sungai yang meluap untuk tetap waspada dan cepat melaporkan kepada pihak Pemerintah Desa, Relawan Tagana dan TNI juga Kepolisian apa bila terjadi hal yang tidak inginkan seperti bila ketingian air terus terjadi. Hal tersebut, guna menghindari adanya korban jiwa akibat banjir yang melanda.

"Kita juga menghimbau agar warga cepat melaporkan bila kemungkinan air terus meninggi, sekarang memang ketinggian air rata-rata baru sekitaran 50 centimeter,"kata Abdul Rochim.

Terpisah, Kaprawi Kepala BPBD Kabupaten Lebak mengatakan, banjir selain di Kecamatan Banjirsari juga terjadi di dua wilayah Kecamatan yakni di Kecamatan Gunungkencana satu desa dan di Kecamatan Cijaku satu desa. Selain banjir, bencana tanah longsor juga terjadi di wilayah kecamatan Lebak Gedong.

"Sesuai SOP, alhamdulillah para relawan BPBD dibantu relawan Tagana juga TNI dan Polri sudah berada di lokasi bencana banjir dan longsor sekarang,"ujar Kaprawi (Gun/TN2)

TAG banjir
Komentar