Banjir di Lebak Mulai Melebar ke Sejumlah Wilayah

Kondisi banjir yang menggenangi persawahan di Kecamatan Bayah. (Foto: TitikNOL)Kondisi banjir yang menggenangi persawahan di Kecamatan Bayah. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL – Bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Lebak ternyata tidak hanya terjadi di wilayah Kecamatan Leuwidamar. Namun, juga melanda sejumlah wilayah lainnya.

Dari data yang berhasil dihimpun, ada lima Kecamatan lainnya yang juga diterpa banjir. Yakni Wanasalam, Bayah, Cijaku, Gunung Kencana dan Banjarsari.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Lebak, Aan Wiguna membenarkan banjir kali ini juga melanda dibeberapa wilayah kecamatan yang dilintasi aliran sungai besar. Contohnya sungai Cisimeut di Kecamatan Leuwidamar, Sungai Ciliman di Kecamatan Banjarsari dan Sungai Cimadur di Kecamatan Bayah dengan ketinggian air mencapai satu hingga dua meter.

"Untuk wilayah yang diterjang banjir di Kecamatan Banjarsari meliputi Desa Kerta Rahayu, Bojong Juruh, Umbul Jaya, Leuwi Ipuh, Tamansari, Cilegongilir, Lebak Keusik dan Umbul Jaya. Untuk kecamatan Wanasalam serta Bayah, kami masih menunggu laporan dari tim relawan Tagana di lapangan yang sedang melakukan pendataan," ujar Aan kepada TitikNOL, Kamis (9/2/2017).

Baca juga: Puluhan Hektar Sawah di Lebak Terendam Banjir

"Kita sebagai relawan memberikan bantuan tenaga untuk evakuasi warga dan mendata untuk di laporkan ke Dinas Sosial terkait bantuan logistiknya," tukas Aan menambahkan.

Terpisah, saat dihubungi melalui sambungan telepon selulernya, Abdul Rohim, Camat Banjarsari membenarkan sejumlah wilayah desa di Kecamatan Banjarsari terendam air karena meluapnya air sungai Ciliman.

Namun kata Abdul Rohim, dibeberapa desa yang terendam banjir itu tidak seluruhnya satu desa. Akan tetapi hanya melanda beberapa kampung di beberapa desa tersebut.

"Iya benar, banjir juga terjadi di wilayah kecamatan Banjarsari akibat meluapnya sungai Ciliman. Banjir memang sudah biasa terjadi setiap tahun di beberapa kampung yang berada disepanjang aliran sungai Ciliman itu. Saat ini tim dari Kecamatan, TNI dan Polri sudah berada di lokasi untuk membantu melakukan evakuasi," pungkasnya. (Gun/Rif)

TAG banjir
Komentar