Bank Banten Resmi di Lounching, Kado HUT ke-16 Banten

Suasana launching peresmian Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Banten di Lapangan Mesjdi Banten Lama, Selasa (04/10/2016). (Foto: TitikNOL)
Suasana launching peresmian Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Banten di Lapangan Mesjdi Banten Lama, Selasa (04/10/2016). (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Gubernur Banten Rano Karno resmi melaunching Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Banten di Lapangan Mesjdi Banten Lama, Selasa (04/10/2016).

Rano dalam sambutan mengatakan, Bank Banten adalah kado Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Banten untuk seluruh warga Banten.

"Ini adalah kado HUT Banten untuk seluruh warga Banten. Bank Banten bisa menjadi kebanggaan masyarakat Banten," kata Rano Karno.

Ia pun berharap dengan terbentuknya Bank Banten bisa meningkatkan sektor perekonomian di Banten.

"68 ribu UMKM yang terdaftar di Provinsi Banten tentu kehadiran bank banten harus dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan pereokonomian masyarakat," ungkapnya.

Rano pun meminta kepada Direktur Bank Banten untuk segera membuka jaringan di pelosok desa. Khususnya di Kabupaten Lebak dan Pandeglang yang masih minimnya bank.

"Pendistribusian bank disini tidak bijaksana. Di Tangerang itu banyak bank tapi di Kota Serang, Pandeglang, Lebak? Maka dari itu saya minta buat jaringan, karena di Bayah itu ada pabrik besar," lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Banten Heru Sutanto mengatakan, perseroan resmi beroperasi dengan menggunakan PT Bank Pembanguan Daerah Banten. Hal tersebut telah mendapat persetujuan Menteri Hukum dan HAM RI.

Ini sejalan dengan dilakukannya akuisisi oleh Pemprov Banten melalui PT. BGD. Sejak saat ini Bank Banten berubah status dari perusahaan swasta menjadi di bawah naungan Pemprov Banten.

"Bank Banten hadir di tengah masyarakat Banten sebagai agent of development. Siap mendukung program pembangunan untuk pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran masyarakat Banten. Bersamaan dengan HUT ke-16 Provinsi Banten, maka diresmikan pula kantor Cabang Khusus Serang untuk melayani seluruh nasabah Serang," katanya.

Heru menjelaskan, saat ini Bank Banten melayani nasabah simpanan, penyaluran kredit seperti UMKM, Kredit Konsumer dan Kredit Komersial, serta jasa-jasa lainnya. Ke depan akan menjadi mitra Pemprov Banten dan melakukan pengelolaan kas daerah.

"Saat ini Bank Banten memiliki 145 kantor cabang di seluruh Indonesia dengan 10 kantor berada di wilayah Banten. Yakni Kantor Cabang Serang, Ciputat, Ciledug, Tangerang, Cimone, Kota Bumi, Balaraja, Cilegon, Rangkasbitung dan Pandenglang," jelasnya. (Meghat/quy)

Komentar