Bantu Pencegahan Corona, PT. Dover Chemical Produksi 500 Ribu Liter Hand Sanitizer

Proses pembuatan hand sanitizer di PT Dover Chemical. (Foto: TitikNOL)
Proses pembuatan hand sanitizer di PT Dover Chemical. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - PT Dover Chemical memproduksi 500 ribu liter hand sanitizer. Perusahaan lem kayu itu diminta oleh pemerintah memproduksi hand sanitizer untuk membantu mencegah penyebaran virus Corona.

Pabrik yang berlokasi di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon itu, awalnya hanya memproduksi hand sanitizer untuk karyawan perusahaannya. Produk itu kemudian disebarluaskan melalui grup-grup WhatsApp hingga sampai kepada pemerintah pusat.

"Awalnya kita bikin hand sanitizer untuk karyawan sendiri karena mengeluh cari hand sanitizer susah kalau pun ada mahal. Makanya kita bikin untuk karyawan sendiri dan kantor karena ada beberapa tempat kantornya. Pas kita kirim ke grup, kita semua ternyata mungkin ada informasi dan bos kita juga deket sama Mabes TNI, kita bikinin kita sanggupin untuk CSR bintang delapan group melalui kita," kata HR & GA PT Dover Chemical Dade Suparna kepad wartawan, Selasa (24/3/2020).

Pemerintah meminta PT Dover Chemical untuk memproduksi hand sanitizer sebanyak 500 ribu liter. Hasil produksi itu dikirim ke Mabes TNI dan akan disalurkan ke rumah sakit dan masyarakat yang membutuhkan.

"Kita minta dibuatkan 500 ribu liter, kalau jeriken 2.500 ukuran 20 liter. Itu semua dikirim ke Mabes TNI karena koordinatornya kan TNI, kemarin satu truk udah kita kirim, sisanya mobil TNI yang akan ke sini," jelasnya.

Selain disalurkan ke pemerintah pusat, hand sanitizer hasil produksi pabrik lem kayu tersebut juga dikirim ke pemerintah daerah dan lingkungan sekitar. Dade menegaskan, bahwa produknya itu tidak diperjualbelikan.

"Komersil nggak, cuma kalau ada misalnya RS atau institusi yang memerlukan bisa juga mengajukan, kita udah diskusi, kita mau bantu cuma tidak mau dikomersialkan, takut disalah gunakan takut dijual," ujarnya.(Ardi/TN1).

Komentar