Begini Penampakan Aquarium dan Ikan Hias yang Disewa Pemkot Serang Seharga Rp206 Juta

Aquarium di ruang kerja Wali Kota Serang, Syafrudin. (Foto: TitikNOL)
Aquarium di ruang kerja Wali Kota Serang, Syafrudin. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Penyewaan aquarium dan ikan hias serta pakan dengan harga Rp206 juta di Pemerintah Kota (Pemkot) Serang masih menjadi perhatian publik.

Aquarium dengan isi ikan arwana itu menjadi penghias ruangan kerja Wali Kota Serang Syafrudin.

Kabag Umum Pemkot Serang Roni mengaku tidak tahu persis detail sewa aquarium ikan hias.

"Selama ini mungkin karena saya sebagai Kabag umum, ada PPTK. Nanti kami konfirmasi sama PPTK apa yang menjadi alasan sewa dari pada beli," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/7/2021).

Ia berdalih tidak bisa menyampaikan banyak keterangan. Untuk kejelasannya, pihaknya akan menanyakan kepada PPTK pengadaan sewa tentang perimbangan sewa aquarium dan ikan hias.

Baca juga: Ditengah Pandemi, Pemkot Serang Sewa Akurium dan Ikan Hias Ratusan Juta Jadi Sorotan Publik

"Saya belum bisa banyak menyampaikan nih, takut saya nya salah doang menyampaikan. Karena mungkin PPTK punya alasan," dalihnya.

Ia menyatakan, sewa aquarium di ruang Wali Kota Serang itu, memiliki jangka waktu satu tahun.

"Sebetulnya kalau sewa sudah awal tahun, bukan yang kemarin, dari Januari (2021). Iya (yang di ruangan Wali Kota), satu (aquarium). Setahun (sewanya)," terangnya.

Sebelumnya keritikan tersebut dilontarkan oleh Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) Cabang Serang, yang menilai Pemerintah Kota Serang gagap dalam mengahadapi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan juga meremehkan Pandemi Covid19.

Baca juga: Mahasiswa Kritisi Pemkot Serang Sewa Akuarium Ikan Hias Ratusan Juta Ditengah Pandemi Covid-19

Sehingga tidak memasukkan anggaran penanganan Covid-19 ke dalam postur anggaran APBD 2021.

Anggota bidang Kajian, Aksi dan Advokasi, Ahmad Fauzan, mengatakan bahwa pihaknya menemukan beberapa kegiatan tidak prioritas dalam postur APBD 2021. Kegiatan tersebut mulai dari perjalanan dinas ke luar daerah, hingga pengadaan ikan hias.

“Terdapat 20 kegiatan perjalanan dinas ke luar kota dengan nilai total sebesar Rp1.015.418.000. Lalu ada anggaran untuk sewa rumah dinas pimpinan daerah sebesar Rp572 juta dan juga pengadaan sewa akuarium ikan hias beserta isi dan pangannya dengan total Rp206 juta,” ujarnya. (SON/TN2)

Komentar