Sabtu, 20 Juli 2024

Belajar Memaknai Demokrasi, 60 Siswa SMP Negeri 3 Cigemblong Kunjungi Kantor Panwaslu

LEBAK, TitikNOL - Enam puluh Siswa dan siswi dari SMP Negeri 3 Cigemblong mengunjungi kantor sekretariat Panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) Kecamatan Cigemblong Rabu (1/3)2023).

Dalam kunjungannya tersebut siswa dan siswi SMP Negeri 3
Cigemblong untuk belajar berdemokrasi terkait dengan tahapan Pengawasan Pemilu Tahun 2024 dan mempelajari makna dari demokrasi dalam kurikulum merdeka yakni Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Ketua Panwaslu Cigemblong Lukmanul Hakim menyambut baik kedatangan para siswa ke kantor Panwaslu setempat. Ia menjelaskan, pentingnya demokrasi yang akan di implementasikan oleh siswa dan siswi dilingkungan SMP Negeri khusunya siswa yang akan menentukan kepengurusan di OSIS SMPN 3 Cigemblong.

"Saya merasa bangga kepada siswa-siswi SMP Negeri 3 yang sudah mengunjungi Panwaslu Cigemblong untuk berdiskusi dan mempelajari makna dari demokrasi," kata Lukman di sela-sela penyampaian materi.

Selain memaknai apa itu demokrasi Lukman juga menjelaskan apa itu tugas Panwaslu, lantaran tugas Panwaslu juga bukan mutlak hanya menjadi kewajiban internal panwaslu melainkan ada partisipasi masyarakat dalam pengawas pemilu.

"Hal ini seperti diatur melalui Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan (Perpu) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perubahan atas UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum," kata dia

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sesuai pasal 105 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, Panwaslu Kecamatan bertugas melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah kecamatan terhadap pelanggaran Pemilu

"Mengawasi pelaksanaan tahapan Penyelenggaraan pemilu di wilayah kecamatan," ungkapnya.

Sementara itu, Perwakilan dewan guru SMP Negeri 3 Cigemblong Ahmad Suja'i mengatakan, para siswa dan siswi ini sengaja di ajak ke kantor Panwaslu Cigemblong untuk bisa belajar berdemokrasi yang baik. Makna dari demokrasi yang akan di implementasikan di lingkungan OSIS.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran Komisioner Panwaslu Cigemblong yang sudah memberikan ilmu dan pengalamannya kepada para siswa, mudah-mudahan kehadiran kami bisa memberikan manfaat dan materi yang di sampaikan oleh Komisioner Panwaslu bisa di implementasikan oleh para siswa di organisasi OSIS," ungkapnya. (Gun/TN)

Komentar